5 Cara Jitu Atur Gaji Biar Cukup Sebulan Bisa Nabung dan Investasi

Saat ini kalangan anak muda telah melek akan pentingnya menabung dan tentunya investasi. Namun, dalam melaksanakan eksekusinya golongan ini tidak bisa melakukannya, mereka tidak memiliki cara jitu atur gaji, baik itu cara memulainya atau memasukinya.

Sebelum penjelasan berjalan cukup jauh, pastinya kamu akan bingung dengan pernyataan nabung dan investasi. Keduanya memiliki makna yang sama, tentunya mempersiapkan sejumlah uang yang cukup di masa tua.

Kedua kata tersebut memiliki makna yang jauh berbeda, contohnya ‘menabung’ merupakan suatu tindakan menyisihkan uang namun tidak terjadinya peningkatan uang selain dari bunga bank. Berbeda halnya dengan investasi yang mengarahkan jalan pikiran orang pada sesuatu yang dapat dilipat gandakan.

Dengan demikian saat kamu melakukan investasi maka kamu juga akan melakukan aksi menabung namun tidak dengan sebaliknya. Apapun yang pada akhirnya kamu pilih dari kedua pilihan tersebut tetap akan mengarahkan kamu kepada dana simpanan yang akan berguna dimasa yang akan mendatang.

Dalam mendapatkan dana simpanan untuk ketenangan hidup dimasa depan haruslah diawali dari pengaturan gaji. Terdapat begitu banyak cara jitu atur gaji yang dapat kamu pilih, artikel ini telah merangkumnya menjadi 5 cara jitu atur gaji yang wajib diketahui setiap elemen masyarakat terutama kalangan muda.

Inilah rincian secara lengkap dari 5 cara jitu atur gaji yang dapat membantumu semaksimal mungkin dalam mengatur keuangan.

Cara Jitu Atur Gaji #1 : Lakukan Perencanaan Nabung dan Investasi

Perencanaan Investasi

Perencanaan merupakan tahap penting namun bagian yang paling membosankan. Hal ini karena tidak semua orang menyukai pembuatan perencanaan. Namun, disarankan bagi kamu untuk mencoba membuat perencanaan tersebut. Tujuannya agar hasil tabungan tersebut dapat di arahkan dengan sebaik mungkin. Tak hanya itu saja namun kita pun harus memilih instrumen apa yang akan digunakan, apakah ‘menabung’ atau investasi.

Kita tahu bahwa menabung merupakan proses seseorang dalam mengumpulkan sejumlah uang namun tidak memiliki perkembangan di dalamnya. Berbeda halnya dengan investasi yang merupakan sebuah proses seseorang yang mengumpulkan dana dan memiliki perkembangan didalamnya.

Kedua hal tersebut memiliki kelemahan yang berbeda pula. Jika ‘menabung’ kamu tidak akan mengalami kehilangan nominal uangmu tetapi nilai uangmu akan terus tergerus oleh inflasi. Berbeda dengan investasi, jika salah memilih jenis investasi kamu akan kehilangannya. Sesuaikan resiko yang kamu miliki dengan investasi tersebut.

Ketika kamu telah menentukan mana yang kamu pilih maka perencanaannya pun akan jauh sangat berbeda. Jika kamu memilih untuk ‘menabung’ dengan tentunya gaya konvensional. Disarankan mulai mencari opsi tempat menabung seperti jenis bank atau lain sebagainya. Tujuannya untuk meminimalkan nilai nominal saat terjadi inflasi. Begitu pula sebaliknya.

Jika semua telah diatur dengan sedemikian rupa seperti langkah tersebut maka kamu akan bisa dengan mudah membagi gajimu antara kebutuhan hidup sehari-hari, penunjang, dan tabungan. Mengapa kita harus buat terdahulu perencanaan tabung?

Mudah saja sebab kita bisa menahan atau mengurangi kebutuhan sehari-hari atau pendukung tapi tidak dengan tabungan. Tentu saja tabungan itu memiliki tujuan dan jangka waktu pencapaiannya. Jika tabungan tidak memiliki jangka waktu atau setidaknya tujuan tabungan tersebut tidak akan berhasil.

Cara Jitu Atur Gaji #2 : Siapkan Dua ATM Berbeda

ATM

Seperti yang telah disebutkan pada cara jitu yang pertama maka investasimuda memberikan solusi lainnya bagi kalian yang tidak menyukai atau sulit dalam membuat suatu perencanaan yaitu siapkan setidaknya dua ATM berbeda. Kamu bisa menggunakan 3 ATM jika memerlukannya namun ingat bahwa ATM memiliki biaya bulanan dan pemeliharaan kartu yang harus kamu bayarkan.

Tujuan adanya dua ATM ini langsung memisahkan uang kamu miliki antara tabungan dan kebutuhan hidup. Dengan demikian uang tabungan mu tidak akan ikut tercampur sehingga dapat terjadinya penggunaan uang tanpa disadari. Beberapa orang telah mencoba cara ini dan tentunya cara jitu atur gaji yang satu ini cukup efektif bagi kamu yang malas dalam merencanakan ataupun lainnya.

Caranya pun cukup mudah pada saat kamu telah menerima gaji langsung kamu pisahkan nominal yang akan ditabung dan kebutuhan dalam bulan tersebut. Fyi, sesuai yang diperingatkan pada cara jitu atur gaji yang pertama disebutkan bahwa nilai uang akan selalu mengalami inflasi sehingga lama kelamaan nilai tersebut menjadi rendah. Kondisi ini cukup meresahkan terutama bagi kamu yang akan menabung jangka panjang. Dengan demikian akan lebih baik mencari bank dengan bunga yang akan menutupi saat inflasi terjadi.

Tentunya ini pasti akan terjadi pro dan kontra, terdapat solusi yang dapat mengatasi itu semua dengan memilih layanan Syariah agar terhindar dari riba. Layanan Syariah ini terdiri atas berbagai jenis dari tabungan pendidikan hingga emas. Dengan demikian kamu akan terhindar dari riba dan menghindari inflasi yang ada.

Cara Jitu Atur Gaji #3 :Menahan Secara Paksa Pengeluaran

Gaji

Cara jitu atur gaji lainnya yang cukup ekstrim namun seringkali digunakan para mahasiswa yang sedang berada di daerah orang tidak lain tidak bukan mahasiswa rantauan. Pastinya kamu tahu bukan mahasiswa rantauan tidak mungkin terlepas dengan namanya kantong kering. Dalam melakukan pencegahan kantor kering di pertengahan bulan biasanya para mahasiswa tersebut akan menekan pengeluaran sedemikian rupa.

Penekanan pengeluaran tersebut dapat dimulai dari makan maupun minum. Jika kamu memasak setiap hari total uang yang akan dikeluarkan berbeda dengan membeli makanan di restoran. Tentunya kamu dapat membeli bahan masakan yang sangat murah yang membuat jumlah pengeluaran pun semakin kecil. Hal ini pastinya akan merepotkanmu namun inilah jalan satu-satunya.

Kamu pun mungkin bisa menahan pengeluaran laundry dengan mencuci pakaian sendiri atau kamu bisa membeli mesin cuci khusus anak rantauan yang saat ini sedang hits. Tak hanya itu saja tetapi biaya cemilan hingga baju juga harus kamu tekan agar dapat menabung dan hidup dalam satu bulan dengan uang yang tersisa.

Inilah cara jitu atur gaji ala mahasiswa yang pastinya sangat ampuh digunakan tapi cukup merepotkan bagi kamu yang memiliki jadwal kerja yang padat dan memiliki overtime work. Namun, semuanya akan tetap bisa tercapai dengan niat yang kamu miliki tentunya.

Cara Mengatur Gaji #4 : Gunakan Strategi 10%!

Investasi

Cara jitu atur gaji lainnya yang mungkin lebih santai yaitu strategi 10%! Apa itu strategi 10%?

Strategi ini menerapkan sistem saat kamu menerima gaji setiap bulannya dan langsung disisihkan sebanyak 10%, contoh kamu memiliki gaji Rp 7.000.000 maka uang yang harus ditabung sebesar Rp 700.000. Hal ini harus kamu lakukan dengan rutin dan tidak boleh lebih maupun kurang. Loh, kenapa bukannya kalo lebih baik?

Salah besar! Jika kamu melebihkan nominal dari seharusnya dan ternyata uang tersebut kurang tentunya kamu dengan terpaksa akan mengambil uang tersebut bukan dan pada akhirnya nominal tersebut tidak lagi 10%.

Pada metode ini kamu sangat dilarang untuk mengambil uang tabungan tanpa alasan yang jelas. Tentunya metode ini melatih pikiranmu bahwa kamu telah menyisihkan 10% yang merupakan angka yang paling kecil untuk ukuran menabung. Jika kamu mengambil tentunya angka tersebut semakin rendah dan hal ini akan menimbulkan efek berpikir ulang dan menyayangkan tindakan tersebut.

Namun, menariknya dari strategi yaitu setiap kamu mendapatkan kenaikan gaji maka persenan angka tersebut tidak boleh berubah tetap harus sama. Hal ini agar kamu tetap memiliki pola pikir yang sama seperti sebelumnya namun kamu memiliki nominal uang tabungan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Strategi ini pastinya memiliki kelemahan yang terletak pada kondisi waktunya dimana akan membutuhkan waktu yang lama mencapai tujuan jika menggunakan strategi ini. Ya, sama seperti sedikit demi sedikit menjadi bukit.

Cara Mengatur Gaji #5 :Lakukan Cicilan Emas Setiap Bulan

Emas

Cara jitu atur gaji kali ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin mengubah tabungan uang menjadi tabungan emas. Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa emas merupakan instrumen investasi yang memiliki peningkatan secara terus menerus dan tidak terkena inflasi. Namun instrument ini memiliki kondisi peningkatan yang tidak signifikan sehingga hanya dapat digunakan pada saat jangka panjang.

Cara ini sangat cocok bagi kamu yang baru saja memulai karir dan belum mengetahui secara pasti tujuan tabunganmu dan hanya ingin menabung saja. Tentunya jenis tabungan dan sekaligus investasi ini tidak akan mengalami inflasi dan selalu mengalami kenaikan walaupun tetap akan mengalami penurunan namun tidak akan secara signifikan.

Menariknya institusi yang melayani jasa penjualan emas ini menyediakan berbagai jenis layanan. Sederet layanan tersebut terdiri atas pembayaran secara lunas, cicilan hingga tabungan. Bagian menariknya terletak di tabungan, layanan ini menjadikan uang tabunganmu berubah dalam bentuk emas. Dengan demikian kamu tidak menabung uang melainkan emas dan ini menjadi kondisi yang sangat menarik diantara lainnya.

Baca juga: Inilah 5 Cara Jitu Mengatur Keuangan yang Wajib Anak Muda Ketahui!

Inilah 5 Cara jitu atur gaji yang sangat efektif sehingga kamu dapat menabung atau melakukan investasi. Jangan lupa untuk terus mampir di investasimuda karena akan selalu ada update artikel terbaru mengenai keuangan hingga investasi. Semangat buat cuannya!

Bagikan

Leave a Comment