Mudah! Cara dan Ketentuan Membeli Saham IPO di Indo Premier Sekuritas

Cara dan Ketentuan Membeli Saham IPO di Indo Premier Sekuritas

Tak bisa disalahkan jika saham IPO akan selalu memiliki tempat di hati penggemarnya. Namun apakah kamu mengetahui saham IPO? Secara umum, saham IPO merupakan saham yang berada dalam proses untuk go public. Masa-masa yang menarik bukan? BEI selaku badan yang menaungi saham muncul dengan ide yang menarik yaitu pembelian saham IPO.Namun, hanya beberapa yang mendapatkan kesempatan menerima nya, salah satunya Saham IPO di Indo Premier.

Maksud dari kesempatan ini adalah perusahaan yang diberikan oleh BEI untuk menyediakan layanan sistem eIPO. Tak semua sekuritas mendapatkan kesempatan besar ini. Kesempatan besar yang sebanding dengan resiko yang dimiliki. Faktanya saham IPO ini memiliki resiko yang cukup tinggi sebab perusahaan yang berada dalam proses go public ini belum diketahui secara menyeluruh kondisinya. 

Sangat besar peluang untuk kamu bisa kehilangan uangmu akibat kondisi yang ada. Namun, kamu akan mendapatkan untung yang sangat besar jika perusahaan yang kamu alokasikan uangnya dapat dipercaya dan kredibilitas yang baik. Kondisi ini sangat rawan bagi para investor. Dengan demikian untuk kamu memahaminya segala aspek yang ada.

Baca juga: Bagian Terpenting Dari Saham! Apa Itu RDN (Rekening Dana Nasabah)?

Bagi yang penasaran bagaimana proses yang terjadi saat pembelian, Inilah tata cara dan ketentuan pembelian saham IPO di Indopremier adalah sebagai berikut:

Tata Cara Pembelian Saham IPO di Indo Premier

IPO di Indo Premier

Memahami Saham IPO di Indo Premier Secara Menyeluruh, Termasuk Prospektus dan Resiko

Saham IPO atau yang biasa dikenal sebagai Initial Public Offering ini memiliki cerita yang berbeda dengan saham yang terdaftar dan resmi diperjualbelikan oleh BEI. Terdapat resiko yang sangat tinggi dan hanya beberapa orang yang bisa menanggungnya. 

Ketikdakpastian akan kondisi perusahaan yang menjadi pemicunya. Dengan demikian sederet alasan itulah yang memicu kamu dapat memahami saham ini secara menyeluruh.

Halaman website yang berisikan saham IPO di Indo Premier pun menyatakan dalam ‘ketentuan dan tata cara’ untuk memahami prospektus dan resiko usaha yang dimiliki. Dengan demikian hal ini dapat membuatmu memahami seberapa resiko yang dimiliki oleh saham IPO di Indo Premier. 

Dengan demikian akan menurunkan ekspektasi yang berlebih mengenai keuntungan di masa depan yang akan diraih. Namun, tentunya tak hanya menurunkan ekspektasi tetapi membantu dalam mencapai keuntungan. Download panduan saham IPO di dalam halam website resmi Indo Premier.

Pastikan akun dan RDN mu Telah Terdaftar

Sebelum memulai petualangan di dalam saham IPO di Indo Premier maka kamu harus memastikan bahwa akun Indo Premier telah terbuat dan tentunya dengan RDN. Jika kamu belum memiliki akun dan RDN di Indo Premier, kamu dapat membuatnya di situ resmi Indo Premier www.indopremier.com

Dalam proses pembuatan akun dan RDN di Indo Premier tidaklah sulit dan mungkin cenderung lebih mudah dan simple dibandingkan lainnya. Indo Premier dapat melakukan pembuatan akun dan RDN secara online tanpa ada campur tangan pengiriman berkas kembali seperti yang biasa dilakukan. Sedikit tips sebelum melakukan pendaftaran, alangkah baiknya untuk menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti KTP, NPWP (jika ada), scan buku tabungan, dan lain sebagainya. 

Sedikit panduan pembuatan akun Indo Premier Sekuritas yang mungkin akan membantumu para calon investor Indo Premier adalah sebagai berikut:

  • DownloadIndo Premier Sekuritas, pilih ‘register
  • Masukkan alamat email dan nomor HP secara benar
  • Setelah sistem akan memintamu melakukan verifikasi melalui kode OTP. Isilah kode tersebut sesuai dengan pemberitahun pihak Indo Premier Sekuritas
  • Lembar berikutnya kamu akan disuruh mengisi nomo e-KTP dan NPWP (jika ada)
  • Halaman selanjutnya kamu akan mengisi formulir mengenai data-data yang dibutuhkan oleh Indo Premier Sekuritas. Lakukan pengisian tersebut secara benar terutama pada bagian Rekening Dana Nasabah (RDN).
  • Selanjutnya, kamu akan diarah kan untuk melakukan upload mengenai berkas-berkas yang dibutuhkan Indo Premier Sekuritas
  • Kemudian, kamu akan melakukan proses pembuatan video menuju penyelesaian pendaftaran
  • Setelah semua selesai kamu akan memasuki halaman untuk membuat user Id, password, dan PIN

Pengiriman Surat kuasa

Setelah semua telah dilakukan maka tahapan selanjutnya kamu akan mendapatkan email dari pihak Indo Premier untuk menindak lanjuti kesempatanmu didalam saham IPO. Biasanya email tersebut akan berisikan surat kuasa yang harus calon investor tandatangani. Penandatanganan ini harus berada diatas materai.

Setelah penandatanganan selesai untuk dilakukan maka kamu harus mengirimkannya kembali ke pihak Indopremier. Penanganan surat kuasa ini akan memakan waktu kurang lebih 5 hari. Kamu cukup menunggunya hingga mendapatkan notifikasi pembelian dari Indo Premier

Notifikasi Dan Siap Untuk Membeli

Jika 5 hari telah terlewati, disarankan untuk kamu membuka email yang kamu miliki dan melihatnya. Email yang berisikan perizinan saham IPO telah sampai maka inilah saatnya untuk membeli saham IPO di Indo Premier.

Kamu cukup masuk ke situs Indo Premier seperti biasa menggunakan email sebagai username dan password yang terdaftar. Setelah kamu memasuki halaman pertama dari Indo Premier masukkan pin yang terdaftar. Kali ini kamu siap untuk berburu saham IPO mu.

Penawaran Saham

Jika kamu telah memasuki sistem eIPO yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) maka pada tahapan ini kamu akan diminta mengisi formulir penjatahan. Formulir tersebut terdiri atas dua jensi yaitu penawaran awal dan penawaran pusat.

Setiap penawaran memiliki kisah yang berbeda, seperti halnya penawaran awal atau yang dikenal bookbuilding. Penawaran ini memberikan kamu minimal jumlah saham yang harus dibeli. Kendati begitu bukan berarti kamu sebagai calon investor akan mendapatkan jumlah minimal tersebut. Bahkan tidak jarang calon investor yang sama sekali tidak mendapatkannya. Seringkali terjadi refund akibat kehabisan kapasitas. Jika masa penawaran awal selesai maka pada saat itu kamu akan mendapatkan kepastian mengenai jumlah yang dapat dibeli.

Berbeda halnya dengan ceritas dari penawaran terpusat yang tidak memiliki minimal jumlah pembelian. Namun, pastikan jumlah di akunmu tercukupi untuk transaksi pembelian saham. Jika masa pooling habis dan jumlah saham telah dikeluarkan. Jika kamu berakhir dengan mendapatkan jumlah yang lebih sedikit dari pemesanan maka kamu dapat melakukan refund.

Pilih lah penjatahan yang sesuai dengan portofoliomu, jika sudah memilih maka kamu harus melakukan pengisian formulir. Belum selesai! Karen kamu memerlukan tombol submit untuk menyelesaikan segalanya.

Konfirmasi Pemesanan saham

Setelah pemesanan telah selesai dilakukan, pihak Indo Premier akan menghubungimu melalui email. Pihak Indopremier akan mengkonfirmasi pesananmu dan jika konfirmasi telah dilakukan maka kamu akan mendapatkan Trade Confirmation. Maksud Trade Confirmation seperti lembar konfirmasi final yang dikeluarkan oleh pihak Indo Premier Sekuritas. Dengan demikian kondisi ini tidak bisa untuk dibatalkan kembali oleh pihak calon investor terkecuali pihak Indo Premier Sekuritas.

Ketentuan Saham IPO di Indo Premier

Saham IPO di Indo Premier
  • Nasabah yang telah mendapat jumah saham dari penawaran awal maka akan dikenakan biaya sebesar 1% sesuai ketentuan yang berlaku
  • Pada Penjatahan terpusat nasabah diharuskan untuk mengirimkan sejumlah dana yang sesuai dengan saham yang telah dipesan ke dalam Rekening Dana Nasabah (RDN) yang dimiliki oleh pihak calon investor. Pengiriman dana ini akan dilakukan secara otomatis yang dilakukan oleh sistem Indo Premier Sekuritas, setelah calon investor telah mengisikan formulir secara lengkap.
  • Keberlangsungan yang dimiliki eIPO bergantung pada diperoleh dan tidaknya pernyataan efektif dari pihak Otoritas jasa Keuangan (OJK)
  • Jika terjadi perbedaan isi yang ada di dalam prospektus yang telah dimuat dalam website yang bersangkutan dengan isi yang berada pada hard copy. Dengan demikian ambilah isi yang tertera dalam bentuk hard copy (buku). 
  • Pihak Indo Premier Sekuritas memiliki hak beserta wewenang secara penuh dalam membuat alokasi akan penjatahan saham eIPO terhadap para calon investor Indo Premier Sekuritas. Keputus yang dicapai oleh Indo Premier Sekuritas ini bersifat mutlak. Dengan demikian keputusan ini tidak dapat diganggu gugat oleh pihak manapun juga.

Bagaimana masih tertarik dengan pembelian saham IPO di Indo Premier?  Saham IPO sangat diakui memiliki aura yang berbeda dengan saham yang lainnya. Challenge yang dimiliki dari kondisi saham ini pun dapat menggetarkan adrenalin seseorang yang menyukai suatu resiko yang tinggi.

Tentunya hal ini sangat sebanding dengan hasilnya, jika tentunya berhasil. Hal ini dikarenakan kamu telah menawarnya pada bagian awal. Semangat dan semoga berhasil dalam saham IPO ini!

Baca juga: Review Lengkap Mirae Asset Sekuritas, Favorit Para Investor

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *