Inilah 5 Cara Jitu Mengatur Keuangan yang Wajib Anak Muda Ketahui!

Pada umumnya para anak muda yang baru saja mendapatkan gaji pertamanya akan mulai membelanjakan beberapa hal yang disukainya tanpa memikirkan kondisi keuangan kedepannya nanti. Inilah yang menjadi cikal bakal terjadinya jeratan hutang cicilan ataupun lainnya. Hal yang membuat semakin tersudut yaitu para  anak muda tersebut tidak mengetahui cara jitu mengatur keuangan.

Hasilnya? Tentu saja, tidak hanya terjerat hutang saja tetapi tabungan hingga untuk makan bulan ini saja tidak ada. Seringkali ketika hal tersebut terjadi para anak muda tersebut hanya akan menyesali perbuatannya saja. Penyesalan yang tidak berkesudahan tersebut tidak akan membawanya ke dalam solusi yang terbaik.

Apakah kamu termasuk ke dalam golongan tersebut?

Jika iya, sepertinya kamu harus memikirkan ulang pola hidup yang kamu terapkan saat ini sebelum semuanya terlambat dan hanya menyisakan penyesalan semata. Penyesalan tidak akan membawa kamu kembali seperti semula dana jika itu terjadi akan sangat lama untuk kamu mendapatkannya.

Apakah kamu mau hal itu terjadi ke dalam dirimu?

Tentu saja tidak bukan! Artikel ini akan membahas secara rinci serta memberikan cara jitu mengatur keuangan bagi kamu para anak muda! Tidak hanya kalangan anak muda saja tetapi seluruh golongan.

Tipe 1 Cara Jitu Mengatur Keuangan : Bedakan Mana yang Kebutuhan dan Keinginan

Belanja

Cara jitu mengatur keuangan tipe pertama ini sekilas tentunya tidak berbeda jauh dengan tahap kedua. Namun, langkah ini lebih ke dalam menstimulasi otakmu. Pastinya kamu sudah mendapatkan maksud dari pernyataan ini bukan, tentunya hal ini tertuju pada menahan sebuah keinginan dalam pembelian barang.

Semua cara jitu mengatur keuangan tidak akan bisa berjalan dengan sepatutnya jika tidak dibarengi dengan keinginan terdalam dirimu. Butuh keinginan yang kuat agar dapat merealisasikan ini semua.

Sebelumnya kamu sudah tahu bukan jika terdapat perbedaan yang signifikan pada kebutuhan serta keinginan. Kebutuhan adalah suatu pengeluaran yang wajib untuk kamu lakukan disetiap bulan, sedangkan keinginan merupakan suatu pengeluaran yang tidak wajib dikeluarkan namun egomu yang mewajibkannya.

Pada dasarnya seseorang dapat mangkir dari perencanaan keuangannya karena menyepelekan keinginan atau bahkan menunda implementasi dari perencanaan keuangan tersebut. Tidak mudah memang dalam melakukannya, inilah alasan mengapa cara jitu satu ini sangat penting dan paling krusial dibandingkan lainnya. Hal ini karena kamu tidak hanya merencanakan saja tetapi juga langsung mengimplementasikannya.

Dalam melakukan cara ini akan lebih baik jika tidak mencoba atau bahkan berspekulasi dan bahkan lebih jika kamu menanamkan dipikiranmu bahwa “ini adalah benda yang tidak perlu untuk ku beli!” atau cara satu ini dirasa akan lebih efektif dengan tujuanmu yaitu “barang ini terlalu mahal!”

Benar jika kamu selalu menstimulasi bahwa barang ini terlalu mahal dari uang yang kamu miliki, hal itu akan mencegahmu dalam beberapa waktu. Dengan demikian setelah tersebut berhasil lebih baik untuk kamu keluar dari tempat perbelanjaan tersebut

Tipe 2 Cara Jitu Mengatur Keuangan : Rencanakan Kebutuhanmu Bulan ini

Rencana

Cara jitu mengatur keuangan lainnya yaitu merencanakan kebutuhan pada bulan tersebut. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Mudahnya seperti ini ketika kamu seorang pekerja yang memiliki sejumlah deadline pekerjaan yang harus diselesaikan dengan segera. Dengan demikian kamu akan memulainya dengan perencanaan seperti mengurutkan sesuai dengan deadline yang ditentukan. Tujuannya agar semua pekerjaan tersebut dapat selesai tepat waktu.

Tidak berbeda jauh dalam pengaturan keuangan namun perbedaan yang terjadi adalah pada tujuan. Setiap orang memiliki tujuannya masing – masing namun pada umumnya tujuan dalam perencanaan keuangan bulanan adalah agar individu tersebut dapat memenuhi kebutuhan hidup sesuai porsinya dan menghasilkan sejumlah tabungan untuk masa depan.

Dalam perencanaan keuangan disarankan untuk membagi dalam 2 kategori kebutuhan wajib dan kebutuhan pendukung. Kebutuhan wajib merupakan kebutuhan yang pasti akan terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan juga mempengaruhimu sedangkan kebutuhan pendukung merupakan kebutuhan yang jika tidak ada ataupun tidak dipenuhi tidak akan mempengaruhimu.

Kebutuhan wajib terdiri atas makan sehari-hari, biaya listrik & air, biaya internet, transportasi, sedekah, fyi, perencanaan keuangan ini diluar cicilan namun jika kamu telah memiliki cicilan maka harus dimasukkan dalam kebutuhan wajib. Sangat disarankan untuk kamu tidak memiliki cicilan kecuali rumah. Hal ini dipengaruhi oleh biaya rumah yang akan selalu meningkat. Dengan demikian tentunya kamu sangat memerlukan cicilan

Berbeda dengan kebutuhan pendukung yang terdiri atas pembelian baju, mobil, hp baru, make up dan lain sebagainya. Hal ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan secara umum namun semua kembali kepada pihak bersangkutan.

Tipe 3 Cara Jitu Mengatur Keuangan : Buatlah Pos-Pos Keuangan Tersendiri

Mengatur Keuangan

Cara jitu mengatur keuangan lainnya yaitu membangun setiap pos keuangan. Maksud dari pos keuangan ini seperti kamu memiliki ATM yang jumlahnya lebih dari 2 atau memiliki dompet keuangan.

Saat ini marak sekali anak muda hingga ibu rumah tangga yang memilih untuk membeli dompet keuangan. Hal ini dirasa lebih efisien dibandingkan harus menggunakan ATM dalam jumlah banyak di lain hal terdapatnya uang bulanan serta biaya pemeliharaan kartu yang harus dibayarkan  setiap bulannya. Tentunya dengan range harga yang berbeda pula. Kelemahan dari dompet keuangan ini terletak pada keterbatasan jumlah. Benda tersebut tidak dapat menampung banyak muatan.

Kembali lagi kedalam penjelasan dari tujuan pos-pos keuangan. Ide dicetuskan melihatnya terdapat beberapa orang yang walaupun telah melakukan perencanaan keuangan namun tak mentaatinya dengan baik. Namun, berbeda hal jika kamu menggunakan pos keuangan, artikel ini akan mengangkat satu case dalam pos keuangan bentuk ATM.

Jika kamu memiliki pos keuangan dalam bentuk ATM yang terdiri atas ATM kebutuhan sehari-hari, ATM pembelian baju dan sebagainya, serta ATM tabungan. Dengan demikian otakmu akan terstimulasi dengan kebiasaan yang ada bahwa jika kamu membutuhkan membeli baju maka kamu akan menggunakan ATM ‘pembelian baju dan sebagainya’. Otomatis kamu hanya akan melihat satu saldo itu saja dan bereaksi jika memiliki uang maka akan membelinya dan begitu sebaliknya.

Cara ini cukup efektif bagi sebagian orang yang masih saja nakal dan mangkir dalam perencanaan keuangannya. Tips utamanya dalam cara jitu mengatur keuangan tahap ini kamu harus membagi keuangan saat mendapatkan gaji. Tentu saja ketika itu terjadi kamu seakan merasakan kehilangan nominal uang yang banyak tetapi nyatanya tidak. Hal itu saja sudah bisa menjadi cambukan atau latihan untuk kamu tidak berfoya-foya atas uangmu di awal bulan.

Tipe 4 Cara Pengaturan Keuangan : Jangan Pernah Berhutang!

Hutang

Satu masalah yang paling besar dan akan membahayakan pengaturan keuanganmu tidak lain dan tidak bukan yaitu hutang. Jenis hutang pun ada begitu banyak baik itu cicilan kartu kredit, pinjaman online, peminjaman orang dan lain sebagainya. Saat ini banyak sekali kalangan anak muda yang terlilit atas pinjaman online atau bahkan kartu kredit. Hal ini terjadi karena spekulasi tinggi yang kalangan anak muda ini berikan pada dirinya tanpa mengingat kebutuhan lainnya telah menanti.

Saat ini pula marak sekali kalangan anak muda yang terlilit atas Shopeepay Later. Fasilitas ini diadakan untuk memudahkanmu tentu saja dalam berbelanja, menariknya terdapat jenis pinjaman yang berbeda-beda. Namun, hal ini akan menjadi sebuah neraka jika kamu tidak menggunakannya secara bijak. Sayangya, banyak sekali anak muda yang menggunakannya secara tidak bijak mengingat jumlah hutangnya dalam nominal yang sedikit, kembali pada pepatah yaitu sedikit demi sedikit menjadi bukit. Bukannya bukti tersebut menjadi uang melainkan hutang.

Sebenarnya akan lebih bijak jika kamu tidak perlu melakukan spekulasi tinggi sehingga menarikmu dalam lingkaran hutang. Namun, jika kamu pun ingin berhutang disarankan berhutang lah atau melakukan cicilan pada sesuatu yang nilainya selalu meningkat dan tidak memiliki depresiasi yang akan menghamburkan harganya.

Tipe 5 Cara Pengaturan Keuangan : Selalu Buat Catatan Pengeluaranmu

Membuat catatan pengeluaran

Jika cara jitu mengatur keuangan lainnya yaitu mengatur keuangan maka lainnya dengan tips yaitu lakukan pencatatan keuangan. Hal ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pengeluaran yang kamu lakukan dalam waktu satu bulan. Dengan demikian kamu dapat mengetahui pengeluaran mana yang nominalnya harus ditambahkan atau dikurangkan bahkan dihilangkan sebab tidak perlu untuk dilakukan.

Cara ini dapat kamu lakukan dimana saja baik itu secara manual tentunya menggunakan buku atau menggunakan aplikasi yang disediakan APP Store dan Plays Store. Namun, beberapa orang lainnya menggunakan google form melalui kreativitas masing-masing individu. Cara ini lumayan efisien untuk dilakukan sebab kamu akan merasakan pengalaman seakan mengisi kuisioner yang tentunya bukan.

Ini sejumlah cara jitu mengatur keuangan yang mungkin dapat membantu dalam mengatur keuangan. Diharapkan sejumlah tips ini akan membawamu ke dalam keuangan yang sehat. Dengan demikian kamu dapat memiliki kehidupan yang nyaman dengan keuangan yang nyaman pula.

Bagikan

Leave a Comment