Rahasia 7 Cara Mudah Membayar Hutang yang Patut Diterapkan

7 Cara Mudah Membayar Hutang yang Patut Diterapkan

Setiap elemen masyarakat pastinya tidak akan terlepas dari hutang. Dari yang masih kecil hingga sudah berumur jauh lebih tua, nominal yang paling terkecil hingga paling terbesar sekalipun. Setiap orang pun memiliki cara mudah membayar hutang mereka sendiri, baik itu cara teraman hingga cara terekstrim sekalipun.

Cara terekstrim itu dapat terjadi pada seseorang yang memiliki hutang terlalu banyak hingga ia memilih jalan tersebut untuk menyelesaikan segalanya. Hal ini terjadi karena saat berhutang, kita menyepelekannya seakan akan itu adalah hal yang mudah. Padahal hal tersebut tidaklah mudah dan terjadilah penumpukan hutang membuat kita sulit untuk membayarnya kembali.

Apakah kamu termasuk dalam golongan tersebut?

Selesaikan masalahmu sedini mungkin! Hal ini hanya akan membawamu ke dalam lubang yang lebih besar yang tidak tahu ujungnya akan berada dimana.

Artikel ini akan membahas secara tuntas mengenai cara mudah membayar hutang versi investasimuda yang mungkin akan membuatmu terlepas dari jeratan mengerikan tersebut. Inilah 7 cara mudah membayar hutang yang wajib kamu lakukan!

Cara Mudah Membayar Hutang #1 : Urutkan Hutang yang Paling Mendesak

Hutang

Langkah pertama dan yang paling penting untuk dilakukan yaitu kamu diharuskan untuk mengurutkan hutang yang kamu miliki saat ini. Urutkan hutang tersebut dengan deadline yang paling mendekati saat ini. Inilah cara mudah membayar hutang bagi seseorang yang memiliki jumlah hutang yang banyak.

Mengapa harus dilakukan pengurutan sesuai deadline?

Tujuannya untuk mengingatkan bahwa hutang tersebut akan menjadi prioritas untuk kita selesaikan agar terhindar dari masalah yang lebih jauh lagi. Sebenernya pengurutan tersebut tidak hanya selesai pada tanggal tenggat dari hutang tersebut saja namun juga diikuti dengan nominalnya.

Lebih efektif lagi jika kamu dapat membayar hutang yang mendekati tenggatnya dengan nominal yang sangat kecil terdahulu, dimana nominal tersebut dapat kamu bayarkan saat ini juga. Dengan demikian satu persatu hutangmu akan selesai.

Jika memang nyatanya tak ada maka lebih baik untuk kamu memulainya dari paling awal sesuai tanggal serta yang memiliki kemungkinan sangat tidak baik diantara lainnya. Hal dimaksudkan seperti bunga yang terlalu mencekik. Tujuannya agar kamu tidak harus membayar bunga yang lebih besar kembali.

Tipe cara mudah membayar hutang #1 ini wajib untuk kamu lakukan dan tidak boleh ditinggalkan. Hal ini akan berkelanjutan dengan langkah selanjutnya serta mempengaruhinya.

Cara Mudah Membayar Hutang #2 : Hitung Uang yang Tersisa Di Dalam Dompetmu

Menghitung uang

Saat semua hutang yang kamu lakukan akan meminta pembayaran darimu maka cara mudah membayar hutang #2 adalah hitunglah uang yang tersisa di dompetmu. Hal ini tidak berlaku pada uang yang ada di dompet maupun rekening kamu saja. Namun, hal ini berlaku pada gaji yang mungkin akan kamu dapatkan.

Tujuannya agar kamu mengetahui jumlah uang yang bisa kamu keluarkan untuk membayarkan hutang-hutangmu tersebut. Tak hanya itu saja tetapi agar kamu bisa memulai pembuatan perencanaan dalam penyelesaian hutangmu.

Cara Mudah Membayar Hutang #3 : Negosiasikan hutangmu (Jika Bisa)

Negoisasi hutangmu

Seperti yang telah dijelaskan pada cara mudah membayar hutang #1 tersebut untuk kamu mulai mengurutkan deadline hutang yang kamu miliki. Jika salah satu hutang yang kamu miliki saat ini memiliki nominal yang sangat besar hingga terdapat kemungkinan pula untuk kamu sangat sulit menyelesaikannya secara tepat waktu. Dengan demikian cara mudah membayar hutang #3 yang sangat disarankan adalah negosiasikan hutangmu tersebut pada kreditur.

Tentunya kamu harus ingat hal ini dapat dilakukan jika pihak kreditur mengizinkan kamu untuk melakukannya. Jika kamu tidak diizinkan maka inilah resiko yang harus kamu dapatkan. Namun, pada umumnya hutang tersebut dapat kamu negosiasikan tetapi hal yang dinegosiasikan tidak terletak pada jumlahnya. Ingat jangan melakukan negosiasi untuk melakukan pengurangan jumlah hutang!

Pertama hal tersebut sangat tidak akan diizinkan dari pihak kreditur dan kedua, kamu akan masuk kedalam masalah lainnya. Lebih baik jika hal yang kamu diskusikan mengenai tenggat waktu pembayaran hutang atau caramu dalam menyelesaikan pembayaran hutang akibat nominal yang terlalu besar. Hal ini tidak akan selalu berhasil maka jangan terlalu untuk diharapkan tetapi jika berhasil lakukan dengan sebaik mungkin.

Cara Mudah Membayar Hutang #4 : Mulailah Mencari Pekerjaan Sampingan

Mencari pekerjaan sampingan

Pekerjaan sampingan merupakan jawaban efektif lainnya sebagai cara mudah membayar hutang yang kamu miliki. Cara ini diperuntukkan bagi kamu yang tidak memiliki sejumlah dana darurat hingga investasi lainnya namun juga dapat diperuntukkan bagi orang yang telah memilikinya tetapi masih saja kekurangan.

Pekerjaan sampingan ini dapat kamu dapatkan melalui kemampuan pekerjaan yang kamu geluti hingga hobi yang kamu pikir tidak dapat menghasil ataupun menghasilkan. Hobi tersebut dapat saja terdiri atas menulis ataupun memasak.

Kamu dapat menjadi seorang freelance content writer di sejumlah tempat salah satunya projects.id. Biaya menjadi seorang freelance content writer pun beragam dapat tergantung dari rate card yang kamu berikan atau pun penawaran dari pihak klien. Saat ini juga sosial media begitu banyak digandrungi berbagai elemen masyarakat. Dengan demikian kamu dapat menawarkan jasa yang kamu miliki melalui platform tersebut.

Namun, jika kamu tidak memiliki berbagai keahlian tersebut maka kamu bisa menggunakan keahlian yang kamu miliki saat ini di dalam pekerjaan dan ditawarkan kepada sejumlah pihak yang membutuhkan. Terdapat begitu banyak peluang pekerjaan yang dapat kamu jadikan sebagai tempat tambahan dalam menghasilkan uang membayar hutang-hutang yang kamu miliki.

Cara Mudah Membayar Hutang #5 : Gunakan Dana Daruratmu!

Gunakan dana darurat

Inilah pentingnya dana darurat sehingga dapat digunakan menjadi bagian cara mudah membayar hutang. Pada umumnya dana darurat ini diperuntukkan pada kamu yang sewaktu-waktu akan memilih resign atau diberhentikan dari tempat kerjamu. Dengan demikian kamu dapat menghidupi dirimu sendiri selama beberapa bulan yang akan mendatang hingga kamu mendapatkan kamu pekerjaan baru.

Namun, dana darurat ini pun dapat kamu gunakan sebagai alat pembayaran hutangmu agar kamu tidak melakukan penjualan lainnya yang akan mengurangi asset kamu.

Cara Pembayaran Hutang #6 : Carilah Barang yang Dapat Kamu Jual

Carilah barang yang mudah dijual

Cara satu ini harus kamu lakukan sebelum menjual aset investasimu, itulah alasannya mengapa langkah atau cara membayar hutang satu ini ditaruh sebelum penjualan investasi. Pada umumnya barang yang kamu miliki saat ini belum tentu dan kemungkinannya sangat kecil memiliki nilai investasi sebab barang tersebut memiliki depresiasi. Sebut saja televisi, kulkas, hingga handphone yang berada di tanganmu saat ini, benda-benda tersebut termasuk kedalam benda yang tidak dijadikan investasi sebab memiliki depresiasi didalamnya.

Aset yang memiliki depresiasi maka setiap waktu yang bergulir akan mengalami penurunan harga. Dengan demikian tentunya kamu sadar bukan bahwa lebih baik untuk kamu menjual barang-barang tersebut ketimbang aset investasi yang akan memberikanmu keuntungan di setiap waktunya.

Tentunya pula jika kamu telah terlepas dari jeratan hutang ini maka kamu dapat membeli barang tersebut kembali dengan kecanggihan yang lebih baik dari sebelumnya.

Cara pembayaran Hutang #7 : Gunakan Hasil Investasimu

Hasil investasi

Langkah atau cara mudah membayar hutang #7 ini diperuntukkan bagi kamu yang memiliki aset tersebut, jika tidak ya tentunya bagaimana kamu akan menjualnya? Hal ini tidak lain dan tidak bukan tentunya investasi. Inilah saat yang tepat bagi kamu untuk menyelesaikan segala hutang yang kamu miliki melalui penjualan aset investasi.

Itulah sebabnya setiap saat selalu galangkan untuk melakukan investasi sejak dini, inilah tujuannya jika hal yang diperlukan terjadi maka kamu dapat menggunakan investasi tersebut untuk menyelesaikannya.

Inilah saatnya kamu untuk menggunakan investasimu yang kamu miliki saat ini untuk menyelesaikan permasalahanmu. Hal yang sangat disarankan darimu adalah jual asset investasi yang memiliki nilai sesuai atau memiliki nilai yang paling tinggi. Tujuannya agar kamu tetap dapat memiliki investasi lainnya yang akan membantumu dimasa yang akan mendatang.s

Jangan lupakan jika investasi memiliki nilai yang selalu naik dan tak pernah terkena inflasi. Tentunya semakin lama asset investasi tersebut berada ditangan kita maka akan semakin besar pula harga atau nilai investasi tersebut.

Inilah 7 cara mudah membayar hutang versi investasimuda, semoga artikel ini akan membantumu dalam mencari jalan keluar dalam menyelesaikan hutangmu dengan segera mungkin. Jangan lupa untuk terus kunjungi investasimuda yang akan memberikanmu informasi bermanfaat lainnya yang membantumu dalam pengelolaan keuangan. Semangat terus mencari cuannya!

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *