10 Saham Potensial Tahun 2021: Wajib Masuk List Para Investor Nih!

Kecanggihan teknologi nyatanya membawa banyak perubahan dalam kondisi masyarakat suatu negara, terutama Indonesia. Terdapat begitu banyak para investor retail terdahulu yang mulai menggalakan keuntungan dari saham. Akibatnya minat akan investasi likuiditas ini naik secara signifikan dan tanpa terduga. Seakan menjadi tren saat ini, para investor pemula berbondong mulai membeli sejumlah saham potensial tahun 2021 ini.

Nyatanya para influencer tersebut banjir akan pertanyaan tersebut. Satu hal mengenai fakta yang harus diberitahu saham memiliki karakter yang berbeda-beda. Kadang kali terdapat saham untuk jangka pendek, menengah hingga panjang. Dengan demikian ada baiknya para investor terutama pemula mempelajari kondisi saham dan disesuaikan dengan portofolio serta tujuan dalam melakukan investasi saham. Kali ini investasimuda akan membahas mengenai sederet saham potensial tahun 2021.

Saham Potensial Tahun 2021 : ANTM

Pastinya sudah tidak asing lagi mengenai emiten saham yang memiliki kode ANTM. Perusahaan BUMN yang telah mengalami IPO pada tahun 1997 ini bergerak dalam industri tambang. Produk yang paling terkenal dari ANTM tidak lain dan tidak bukan yaitu emas batangan. Baru-baru kemarin ramai pembicaraan mengenai peningkatan perusahaan terutama holding battery. Hal ini menjadikan dunia saham sangatlah gempar.

Sebenarnya jika dilihat untuk jangka panjang ANTM akan memiliki kondisi yang sangat baik terutama jika proyek-proyek yang dicanangkan berhasil untuk direalisasikan. Perusahaan yang memiliki kapitalisasi pasar 53.107.990 M ini memiliki harga perlembar sahamnya RP2.270/lembar saham. Perusahaan satu ini pun tak ketinggalan dalam memberikan saham bahkan pada tahun 2020 mengalami peningkatan yang signifikan dengan pemberian dividen sebesar Rp 16,73.

ANTM tentunya memiliki kondisi fundamental perusahaan yang baik. Namun, akan lebih baik emiten saham ini dijadikan sebagai saham jangka menengah. Hal ini melihat pergerakan saham yang lebih baik untuk dijadikan trading. Dengan demikian pastinya perusahaan sangat cocok masuk kedalam daftar saham potensial 2021. Sedikit info menarik dimana beberapa orang berkata bahwa pergerakan saham ANTM dipengaruhi oleh kondisi tambangnya terutama pergerakan emas.

Baca juga: 8 Daftar Saham Jangka Panjang Terbaik Untuk Pemula

Saham Potensial Tahun 2021 : SIDO

SIDO

Perusahaan yang awalnya terkenal akan jamu-jamuannya, saat ini telah memasuki obat herbal, kosmetik, makanan dan minuman, serta lainnya. Pada tahun 2013 SIDO resmi melantai di dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). SIDO terkenal menjadi salah satu emiten saham yang menghindari jenis hutang dalam bentuk apapun. Tentunya ini akan menjadi kekuatan bagi perusahaan ini di dalam mata investor. Kekuatannya pun bertambah dengan berita pada kuarter pertama tahun 2021 ini SIDO memiliki penjualan yang naik mencapai 8.5%. Hal ini merupakan berita yang menggembirakan bagi perusahaan dan investor.

Saat ini harga saham dari SIDO per tanggal 27 April 2021 berada di angka Rp 810 dengan kapitalisasi Rp 1.728.335 M. Bagi yang tertarik untuk berinvestasi di SIDO maka disarankan untuk jangka panjang. Hal ini dipicu dengan perubahan grafik saham yang tidak signifikan namun mengalami peningkatan secara terus menerus. Dengan demikian hal ini menjadi keuntungan bagi investasi jangka panjang dalam mencapai keuntungan maksimal.

Saham Potensial Tahun 2021 : BBRI

Kode emiten saham BBRI merupakan pemilik dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Dari nama perusahaan tersebut tentunya kita dapat menebak bahwa perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1895 ini berfokus pada UMKM Indonesia. Langkah yang diambil oleh BBRI salah satunya memberikan kredit yang sesuai dengan kemampuan UMKM Indonesia. Hal ini lah yang menjadikan BBRI tidak dapat dikalahkan oleh bank lainnya.

BBRI telah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak tahun 2003 hingga saat ini dengan kapitalisasi pasarnya sebesar RP 8.974.460 M dengan harga saham per tanggal 27 April 2021 ini berada di angka Rp 4.190/lembar saham. Melalui kinerja perusahaan yang baik pula mengantarkan BBRI ke dalam daftar saham blue chip. Dengan demikian sudah dapat diketahui bahwa BBRI memiliki pergerakan saham yang tidak signifikan, namun terus mengalami peningkatan. Tentunya ini menjadi kondisi yang baik bagi para investor jangka panjang dan sangat cocok masuk ke dalam daftar saham potensial tahun 2021.

Saham Potensial Tahun 2021 : UNVR

PT. Unilever Indonesia, Tbk merupakan perusahaan internasional yang telah terkenal di seluruh dunia. Perusahaan ini bergerak di bidang FMCG, salah satu produk yang terkenal di Indonesia yaitu royco, penyedap rasa makanan bagi para ibu Indonesia. UNVR pun diberitakan bahwa dinyatakan hampir tidak memiliki catatan hutang di bank Indonesia. Dengan demikian kondisi ini menyatakan bahwa UNVR memiliki pendapatan yang lebih besar dari pada aset dari perusahaan tersebut.

UNVR ini sendiri memiliki kapitalisasi pasar Rp 12.989.850 M dengan harga saham per tanggal 27 April 2021 berada di angka Rp 6.050/lembar saham. Dividen dari perusahaan pun jangan lagi ditanya lagi, UNVR termasuk perusahaan yang rajin dalam membagikan dividen, tentunya dengan angka dividen yang menggiurkan para investor. Perusahaan ini pun masuk ke dalam jajaran saham blue chip. Dengan demikian saham ini menjadi rekomendasi saham potensial tahun 2021.

Saham Potensial Tahun 2021 : PGAS

PGAS

Perusahaan BUMN yang bergerak di dalam pengolahan gas alam ini, tentunya tak ada yang mengetahui keberadaan nya. Sejak tahun 2003 PGAS yang memiliki nama lengkap sebagai PT Perusahaan Gas Negara (Persero), Tbk ini resmi melantai di Bursa Saham Efek Indonesia (BEI). Kabar terbaru dan tentunya menjadi peluang besar PGAS menarik para investor melalui jaringan gas alam rumah tangga yang telah tersebar setidaknya 27.000 jaringan. Tentunya hal ini menjadi sesuatu yang menarik dan prospek cerah bagi perusahaan dan investor di beberapa tahun mendatang.

Per tanggal 27 April 2021 dinyatakan harga saham dari PGAS berada di angka Rp 1.195/ lembar saham dengan kapitalisasi pasar yang berada di angka Rp 2.565.665 M. Sederet pemberitaan yang beredar dengan kinerja perusahaan menjadikan PGAS sebagai salah satu saham potensial tahun 2021. Bagi para investor yang tertarik dengan saham satu ini akan lebih baik digunakan sebagai saham trading jangka menengah sebab kondisi saham yang cenderung stabil.

Saham Potensial Tahun 2021 : BBCA

PT Bank Central Asia, Tbk merupakan salah satu perusahaan perbankan yang menjadi favorit dari masyarakat Indonesia. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menggunakan layanan perusahaan satu ini. Begitu banyak pelayanan yang diberikan oleh BBCA yang membuat konsumennya menjadi nyaman menggunakan layanan jasanya. Produk yang diberikan BBCA pun begitu banyak sehingga dapat mencapai berbagai aspek konsumen. Hal inilah yang mengantar BCA menjadi perusahaan perbankan yang memiliki profit terbaik.

Hal ini pula membawa perusahaan memegang peringkat tertinggi sebagai perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia. Harga saham BBCA per tanggal 27 April 2021 saat ini berada di angka Rp 32.1150/lembar saham dengan kapitalisasi pasar yang berada di angka Rp 789.003.466. Bisa dilihat tangka kepercayaan yang begitu tinggi dimiliki para investornya yang menjadikan perusahaan ini sebagai saham potensial tahun 2021.

Daftar Saham Potensial : PWON

Perusahaan yang terkenal dengan sebutan sebagai raja mall ini yaitu PT Pakuwon Jati, Tbk. PWON merupakan perusahaan yang berfokus pada pengembangan sejumlah properti yang berada di daerah Jakarta dan Surabaya. Tidak seperti perusahaan yang bergerang di industri properti lainnya, PWON memiliki penghasilan secara berulang-ulang. Dengan demikian penghasilan yang didapatkan PWON tidak terputus pada pembangunan sejumlah properti saja. Tentunya menjadi sesuatu yang menarik bagi para investor yang suka terjun dalam saham industri properti.

Saat ini harga saham PWON per tanggal 27 April 2021 berada di angka Rp 525 dengan kapitalisasi pasar yang berada di angka RP 1.127.175 M. Melalui kondisi yang ada PWON menjadi salah satu perusahaan industri properti yang memiliki fundamental perusahaan yang baik. Sejumlah alasan ini lah mengantarkan perusahaan ke dalam saham potensial tahun 2021 bagi para investor terutama yang memiliki modal yang terbatas.

Daftar Saham Potensial : BBNI

BNI

Tak perlu ditanya lagi soal perusahaan perbankan yang menyandang status sebgaai perusahaan BUMN satu ini, tentunya menjadi salah satu bank favorit bagi masyarakat Indonesia terutama korporasi. Sesuai dengan fokus bisnis yang dijalankan BBNI dimana perusahan ini sedikit banyak berfokus pada korporasi. Tak hanya itu saja perusahaan ini pun menjadi salah satu emiten saham favorit bagi investor asing.

Hal ini menjadikan BBNI memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp 12.613.625 dengan harga saham per tanggal 27 April 2021 berada di angka Rp 5.875/lembar saham. Perusahaan ini pun termasuk ke dalam deretan saham blue chip. Sesuai dengan keadaannya BBNI sangat cocok terhadap investasi jangka panjang dan tentunya para investor pemula. Dengan demikian perusahaan ini masuk ke dalam saham potensial tahun 2021

Daftar Saham Potensial : PTBA

Perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan tambang batu bara ini telah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2002. PTBA merupakan perusahaan yang terkenal sebab sangat rajin dalam membagikan dividen . Kondisi ini tentunya akan sangat cocok bagi investor yang menyukai pembagian dividen. Berita baru-baru ini disebutkan bahwa PTBA meraih profit sebesar 41%.

Harga saham dari PTBA per tanggal 27 April 2021 berada di angka Rp 2.390/lembar saham dengan kapitalisasi pasar yang berada di angka Rp 5.131.330 M. Sederet berita hingga fundamental baik yang dimiliki perusahaan ini lah yang menjadikannya saham potensial tahun 2021.

Daftar Saham Potensial : TLKM

Perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi ini telah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 1995. Kondisi ini tentunya menjadikan TLKM menjadi suatu prospek yang bagus di masa yang akan mendatang. Terlihat kondisi saat ini dimana industri 4.0 telah diterapkan. Selain itu pula TLKM merupakan perusahaan yang termasuk ke dalam saham blue chip.

Melalui harga saham per tanggal 27 April 2021 ini sebesar Rp 3.160/lembar saham dengan kapitalisasi pasar yang berada di angka Rp 6.784.520 M. Sederet fundamental perusahaan yang baik serta berita positif yang dimiliki TLKM menjadi saham ini menjadi saham potensial tahun 2021.

Inilah akhir dari rekomendasi daftar saham potensial tahun 2021 yang dapat investasimuda berikan. Rekomendasi ini dapat kamu jadikan sebagai acuan, namun bukan sebuah kewajiban untuk memilih.

Tetap gunakan analisis fundamental bagi para investor jangka panjang dan analisis teknikal bagi para trader. Seringkali kesalahan dari para investor menjadi rekomendasi sebagai kewajiban memilih tanpa melakukan riset dan analisis terlebih dahulu. Sedikit tips & trick untuk mendapatkan saham yang bagus adalah melakukan analisis sejumlah saham yang berada di industri dan bandingkan. Semangat untuk mencari cuannya!

Baca juga: Inilah 13 Daftar Saham Blue chip Terbaru, Wajib Diketahui Investor Pemula!

Bagikan

Leave a Comment