Investasi Emas Batangan Keuntungan dan Risikonya, Pahami!

Terdapat begitu banyak jenis investasi yang menjadi pilihan dari masyarakat Indonesia. Investasi-investasi tersebut terdiri atas Investasi emas batangan, saham, reksadana, deposito, dan lain sebagainya. Menariknya investasi-investasi tersebut memiliki trennya masing-masing.

Mari pahami pola-pola yang terjadi maka kamu akan menemukan pola tren investasi masyarakat Indonesia. Salah satunya investasi saham.

Sebelum masa pandemi terjadi masyarakat Indonesia dulunya cenderung menghindari investasi yang memiliki risiko yang tinggi dan saham merupakan investasi yang memiliki risiko yang tinggi. Dengan demikian total investor Indonesia kala itu sangatlah rendah.

Berbanding terbalik dengan kondisi yang terjadi saat ini, begitu banyak investor retail yang berbondong-bondong melakukan investasi saham dan mencari keuntungan di dalamnya.

Sebelum saham menjadi primadona dari deretan investasi saat ini, investasi emas batangan lah yang menjadi primadonanya terdahulu.

Investasi emas batangan memiliki risiko yang sangat rendah dan cenderung memiliki grafik yang selalu naik di setiap tahunnya. Namun, investasi emas batangan hanya disarankan untuk menjadi investasi jangka panjang.

Setiap investasi memiliki keuntungan dan resiko di dalamnya, begitu pula dengan investasi emas batangan. Inilah deretan keuntungan dan risiko investasi dari emas batangan yang wajib untuk kamu ketahui!

Keuntungan

Investasi Emas Batangan Menyediakan Sarana untuk Menabung atau Cicilan

emas batangan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa harga emas batangan sangat mahal. Dalam hitungan 1 gram emas batangan saat ini saja per tanggal 1 Maret 2021 mencapai Rp. 866.000. Investasi emas batangan memang akan menyedot banyak biaya ketika memulainya. Namus, setiap perusahaan yang menjual emas batangan selalu melakukan inovasi terbaiknya.

Pegadaian merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan transaksi jual beli emas. Institusi ini pun memberikan inovasi bagi setiap masyarakat Indonesia agar dapat memiliki investasi emas batangan dengan harga yang tidak mahal. Pegadaian memberikan layanan menabung dan cicilan bagi setiap customernya.

Proses tabungan ini cukup unik sebab kamu dapat melakukan transaksi jual beli secara online. Dengan demikian tidak akan membuat customer untuk menyediakan waktu ekstra.

Cicilan pun tak luput sebagai metode favorit bagi setiap customernya sebab dalam jangka waktu yang telah ditentukan customer telah memiliki emas batangan tersebut. Namun, jika kamu memilih proses tabungan maka konsepnya tak berbeda jauh dengan tabungan uang tetapi berbentuk emas, selain itu dalam proses pencetakan emas pun tergantung dari pihak customer.

Kesimpulan yang didapatkan bahwa emas tidak harus menggunakan modal yang besar tetapi melalui modal kecil kita mampu untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan.

Tak hanya pegadaian saja yang menyediakan jasa tersebut tetapi shopee hingga tokopedia pun menyediakan jasa layanan menabung untuk investasi emas batangan.

Semua keputusan kembali kepada customer metode dan perusahaan mana yang akan dipercaya sebagai tempat investasi emas batangan.

Baca juga: Inilah Tips Jitu Investasi Reksadana bagi Pemula

Jarang Sekali Mengalami Kerugian

Pada dasarnya pembelian emas yang dilakukan customer melalui nominal uang yang dikeluarkan oleh setiap negara. Kita tahu bahwa setiap tahun bahkan setiap harinya nominal uang selalu mengalami inflasi.

Hal ini tentunya akan mempengaruhi kondisi harga emas yang akan memiliki grafik yang selalu meningkat tetapi mempengaruhi nilai dari ema situ sendiri. Inilah salah satu bukti emas jarang untuk mengalami kerugian.

Pada dasarnya emas batangan selalu mempertahankan harga dasar yang dimilikinya. Hal tersebut yang membuat jika harga emas mengalami penurunan tidak akan drastis atau bahkan mempengaruhi nilai dari emas yang bersangkutan. Kekuatan yang dimilikinya inilah membuatnya memiliki julukan sebagai ‘pelindung harta kekayaan’.

Investasi Emas Batangan Dapat Dikonversikan dengan Sangat Mudah

Alasan lainnya yang membuat emas batangan begitu menarik dimata sebagian masyarakat sebagai investasi yang menjanjikan, sebab dalam mengkonversinya itu sangat lah mudah.

Emas batangan dapat diubah menjadi sebuah nominal uang dalam hitungan detik saja, dimana dan kapan pun anda berada. Tidak terbatas dari wilayah atau negara sekalipun.

Menariknya lagi, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa beberapa perusahaan yang menyediakan layanan transaksi jual beli emas ini dapat dengan mudah mencarinya dalam bentuk emas batangan ketika uang telah tercukupi. Namun kamu dapat menjualnya secara digital jika memerlukannya sesegera mungkin.

Investasi Emas Batangan Dapat Dijadikan Sebagai Investasi Alternatif

emas

Investasi emas batangan dapat dijadikan sebagai investasi utama atau bahkan investasi alternative. Bagi yang memiliki profil risiko yang rendah atau memiliki minim informasi atau pengetahuan mengenai sebuah investasi lainnya dapat menjadikan emas batangan sebagai investasi utama dan teraman.

Namun investasi emas ini juga seringkali dijadikan sebagai investasi alternatif karena beberapa orang memiliki  investasi utama yang resikonya sangat tinggi.

Biasanya para investor ataupun trader saham akan memiliki saham pelindung atau alternatif yang akan mengecilkan kerugian yang dimilikinya saat trading saham atau investasi saham.

Investasi pelindung atau alternative ini biasa terhindar dari kerugian, otomatis memiliki nilai grafik cenderung naik dan tentunya tidak terpengaruh dari inflasi. Investasi emas batangan merupakan salah satu investasi yang memenuhi karakteristik tersebut sehingga investasi ini sering dijadikan sebagai investasi pelindung.

Dengan demikian orang tersebut tidak akan mengalami kerugian yang mendalam jika terjadi kesalahan hitungan pada saham.

Risiko

Hanya diperuntukkan dalam Kondisi Jangka Panjang

Jika saham dapat digunakan secara jangka panjang maupun pendek maka berbeda halnya dengan emas yang hanya bisa digunakan untuk investasi jangka panjang.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Benar adanya jika nilai emas tidak akan berpengaruh pada inflasi yang terjadi pada nominal uang. Tak hanya itu saja, jika ekonomi suatu negara stabil maka nilai emas pun akan stabil.

Dengan demikian peningkatan laju harga emas akan semakin melambat. Ketika itu terjadi nilai balik atau keuntungan yang akan didapatkan oleh kamu tidak akan banyak dan sebanding dengan penantianmu.

Inilah alasan bahwa dalam berinvestasi emas hanya untuk jangka panjang saja. Bahkan, sangat disarankan ketika kamu memulai investasi ini targetkan jangka waktu setidaknya 5 tahun agar dapat merasakan keuntungan  dari emas secara optimal.

Berinvestasi emas ini layaknya menabung uang di dalam bank. Perbedaan terjadi bahwa keuntungan emas lebih besar dan tidak terkena inflasi dari nilai uang.

Harus Menyediakan Uang Ekstra untuk Tempat Penyimpanannya

brankas

Kelemahan yang dimiliki dari investasi emas batangan terletak pada tempat penyimpanannya.

Hal ini dikarenakan tidak mungkin untuk kita menyimpannya di sembarang tempat atau hanya disimpan dalam lemari dengan nilai yang dimilikinya sangatlah tidak kecil. Terutama risiko kehilangan yang akan kita terima jika menaruhnya di tempat tersebut.

Dengan demikian pastinya kita kana memutuskan untuk menyimpannya setidaknya didalam safety box. Jika anda tidak memiliki safety box sendiri yang tidak lain dan tidak bukan, brankas maka kamu dapat menggunakan layanan safety box.

Beberapa institusi perbankan menyediakan layanan penyimpanan barang berharga. Ini merupakan pilihan terbaik sebab risiko kehilangannya akan kecil. Namun, satu hal yang pasti layanan yang diberikan tersebut juga memiliki harga yang tak murah.

Setiap institusi perbankan memberikan rate harga yang berbeda beda serta pelayanan yang berbeda beda pula. Namun tetap saja harga pelayanan tersebut cukup lumayan mahal jika kita hanya menyimpan sejumlah emas batangan dalam nominal gram yang tidak terlalu banyak.

Berikut salah contoh harga pelayanan safety box Bank Negara Indonesia dengan ukuran 3 x 5 x 24 Rp 200.000 (rata-rata nominal saldo Rp 10.000.000) & Rp 400.000 (nominal saldo < Rp 10.000.000).

Rawan Pembeliaan Emas Palsu

Begitu banyak peminat yang menginginkan investasi dalam bentuk emas tabungan maka begitu banyak juga para penipu yang menawarkan investasi emas batangan dalam harga murah.

Perlu diketahui bahwa kamu yang ingin membeli emas untuk jangan pernah tergiur dengan emas dibawah harga rata-rata dan bahkan sepatutnya untuk dicurigai. Hal tersebut tidak akan pernah terjadi dalam dunia investasi emas.

Setiap emas yang dijual dari berbagai institusi pasti akan memiliki harga berbeda tetapi perbedaan itu tidak akan pernah berbeda jauh dari satu dengan lainnya.

Baca juga: Pengertian Reksadana, Jenis, Keuntungan dan Risikonya

Inilah beberapa keuntungan maupun resiko bagi kamu yang ingin memulai investasinya di bidang emas batangan.

Semoga dengan paparan dari artikel ini akan membantumu dengan bijak dalam berinvestasi. Jangan pernah lupa untuk selalu cocokkan profil risiko dengan jenis investasi yang akan kamu pilih nantiya.

Bagikan

Leave a Comment