Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting? Inilah Alasannya

Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting? Inilah Alasannya

Setiap orang selalu berkata ‘ayo aturlah keuanganmu’! dengan semangat yang penuh membara mengorasikan betapa pentingnya mengatur keuangan.

Namun pernah tidak terpikir olehmu mengapa mengatur keuangan itu penting? Terdapat sejuta alasan yang bisa diberikan tetapi terdapat sejuta juga pertanyaan balik untuk setiap jawaban tersebut.

Coba tanyakan pada orangtuamu! Mengapa sewaktu kecil kita disuruh menabung? Setelah mendapatkan jawabannya, renungkanlah jawaban tersebut, korelasikan dengan pentingnya mengatur keuangan, dan tanya lagi hatimu apa benar ini lah jawabannya. Kenapa kita harus berusaha untuk mencari jawabannya?

Mudah saja, sebab jika dalam mengatur keuangan kita memerlukan tujuan maka kita pula perlu untuk memikirkan alasannya.

Ibarat pondasi sebuah bangunan maka alasan mengatur keuangan adalah pondasinya. Dengan demikian agar kita dapat konsisten dan berhasil dalam mengatur keuangan maka pondasi atau alasannya pun harus kuat.

Investasi Muda akan membantumu dalam menemukan alasan ‘mengapa mengatur keuangan itu penting’. Yuk simak, dan inilah 7 alasan mengatur keuangan itu sangat penting!

Mewujudkan Setiap Goals di Dalam Hidupmu

Goals Di Dalam Hidupmu
Goals Dalam Hidupmu

Setiap orang pastinya memiliki goals di dalam hidupnya, jika orang tersebut tidak memiliki goals di dalam kehidupannya maka kamu harus mempertanyakannya.

Karena pada dasarnya setiap manusia memiliki ambisi didalam dirinya. Ambisi inilah yang akan membuatnya menjadi goals hidup seseorang.

Goals ini sendiri memiliki berbagai jenisnya, salah satunya yaitu  goals dari  aspek mengatur keuangan. Mobil, motor, rumah, emas, baju dengan brand tertentu, liburan hingga keliling dunia merupakan elemen goals yang pada umumnya akan dicapai setiap orang.

Tentu saja dalam mencapainya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pastinya akan ada banyak pertimbangan dan dilema yang begitu besar seperti pengeluaran kebutuhan sehari-hari, cicilan barang, membantu orang tua dan adik atau bahkan pengeluaran istri dan anak.

Deretan pos pengeluaran tersebut sudah siap menanti dan pastinya akan membuatmu untuk menunda dan berharap dibulan berikutnya kamu akan mendapatkan rezeki yang berlebih.

Pertanyaannya, mau sampai kapan orientasi pemikiranmu berhenti di kondisi seperti itu?

Dalam mencapai setiap goals tidak memerlukan modal yang langsung besar dan bahkan detik ini tercapai hingga mengorbankan aspek lainnya. Itu adalah konsep yang salah besar dan akan membuatmu terus menunda mimpi besarmu.

Menabung adalah jawaban dari mimpimu walaupun prosesnya mungkin akan menghabiskan waktu yang cukup panjang tetapi nikmatilah setiap proses yang berjalan dan semua itu akan terasa lebih indah. Namun, menabung pun tak semudah mengucapkannya.

Dalam proses menabung perlu untuk direncanakan maka dari itu mengatur keuangan sangat lah penting. Tujuannya agar saat kamu memutuskan untuk menabung maka pos-pos pengeluaran tidak akan terganggu dengan aktivitas barumu tersebut.

Meminimalkan Risiko yang Tidak Diinginkan

Terdapat begitu banyak tujuan dalam konsep mengatur keuangan, salah satunya yaitu mengadakan dana darurat. Sedikit penjelasan mengenai dana darurat yaitu sebuah dana yang disimpan dan akan digunakan pada saat kondisi terburuk dan tidak memiliki uang lagi.

Dengan demikian penggunaan dana darurat ini hanya pada saat kondisi yang benar terjepit, salah satu contohnya yaitu PHK.

Ini merupakan kondisi yang tidak bisa diperhitungkan sebab kapan saja kondisi tersebut bisa datang ke setiap individu. Dengan demikian untuk meminimalkan resikonya maka kamu harus mengadakan dana darurat.

Ketika kondisi tersebut menghampirimu maka kamu tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga beberapa bulan kedepan sampai mendapatkan pekerjaan baru. Ini adalah salah satu alasan terpenting mengapa diperlukannya mengatur keuangan.

Membuat Hidupmu Menjadi Lebih Tenang dan Tentram

Setiap orang pastinya ingin memiliki kehidupan yang nyaman, aman, tentram, damai dan Sentosa. Ini adalah mimpi yang sangat mustahil tapi jika memiliki keinginan keras untuk menggapainya maka kamu bisa untuk mencapainya.

Bagaimana bisa punya kehidupan yang begitu indahnya sedangkan rentetan masalah sudah menanti didepan mata, apalagi masalah uang sudah antre di barisan pertama?

Jawabannya akan selalu sama ‘bisa!’, Pada dasarnya adalah setiap orang mempunyai pikiran bahwa untuk hidup enak dan nyaman maka kamu harus memiliki style hidup yang mewah selain untuk memamerkannya dengan orang sekitar. Ini merupakan konsep yang salah dan akan membawa malapetaka.

Malapetaka bagi orang yang tidak bisa memilikinya tetapi memaksakan kondisi untuk memilikinya. Berujunglah ia pada pinjaman di berbagai instansi, bukannya hidup enak malah hidup bagai neraka yang dirasakan.

Tidak ada lagi uang yang bisa tabung bahkan untuk kehidupan sehari-hari saja sangat susah padahal pendapatan yang dimilikinya pun mampu untuk memberikan kehidupan yang layak sesuai dengan kantongnya. Namun, karena konsep pemikiran yang telah salah di awal membuatnya terjebak dan tak lagi merasakan hidup.

Berbeda jika kamu dapat menerapkan kehidupan sesuai dengan keadaan yang ada dan mengatur setiap pos pengeluarannya maka kamu tetap bisa membeli apa saja yang diinginkan tanpa harus berhutang.

Inilah alasan dari mengatur keuangan, agar kamu tetap bisa hidup nyaman dan tentram tanpa harus menaikkan pengeluaran atau bahkan menurunkannya.

Pengaturan Keuangan membawa Kehidupan Pensiun yang Indah

Masa Pensiun
Masa Pensiun

Masa pensiun merupakan masa yang tidak produktif bagi setiap orang karena pada saat tersebut ia tidak lagi bekerja dan menghasilkan uang. Namun, terdapat beberapa instansi yang memberikan biaya pensiun setiap bulannya.

Bayangkan jika kamu masuk kedalam jajaran orang yang dimana instansi yang menaungimu tidak memberikan uang pensiun maka kamu tidak memiliki pemasukkan untuk dimasa tua nanti.

Inilah kondisi yang harus kita cegah sejak dini, kita harus mulai mengatur keuangan dan membuat pos tersendiri untuk dana pensiun. Tidak perlu uang yang besar untuk melakukannya, cukup uang yang nominalnya tidak terlalu besar.

Hal yang terpenting bukan nominal saat proses terjadi melainkan konsisten disetiap bulannya dan hanya akan digunakan saat masa tua nanti. Hal ini tidak bisa dirasakan saat ini dampaknya tetapi di masa yang akan datang kamu akan merasakan nikmatnya.

Namun, jika kamu ingin menggunakannya sebagai modal usaha jangka panjang yang akan berguna saat masa tua nanti maka kamu dapat melakukannya jika memang pada kenyataannya kamu tidak memiliki modal sebesar itu.

Mengapa diperbolehkan?

Pada akhirnya tujuannya akan sama untuk masa pensiun dan sebenarnya hal tersebut lebih baik karena setiap tahun bahkan hari nilai uang selalu mengalami inflasi tanpa disadari.

Ketika uang tersebut dialokasikan ke dalam usaha yang dirintis awal maka saat pensiun kamu hanya akan menikmati manis buahnya saja.

Semua balik kepada keputusan masing-masing pihak tetapi disarankan bagi kamu yang ingin menabung dalam bentuk uang untuk masa pensiun maka hitung juga persen dari inflasinya sehingga dimasa mendatang uang tersebut tetap menjadi arti bagimu.

Hidup Akan Menjadi Lebih Teratur

Apa yang kamu rasakan saat gajian?

Pastinya bahagia bukan, list belanja sudah menanti begitu pula cicilan e-commerce dan lain sebagainya. Rutinitas setiap bulan yang kamu lakukan ini tanpa disadari membuat uangmu hilang bagaikan hembusan angin yang tak meninggalkan jejak.

Kemudian, kamu akan mulai bertanya pada dirimu, kemana hilang uang tersebut?

Inilah yang membuatmu hidupmu menjadi tidak teratur sebab kamu tidak memiliki perencanaan setiap bulannya.

Salah satu fungsi dari perencanaan keuangan adalah mengarahkanmu untuk membuat pos-pos pengeluaran uang. Dengan demikian setiap bulannya kamu mengetahui pos-pos wajib yang akan menerima uangmu.

Ketika kamu telah melakukannya maka kamu akan mendapatkan uang sisa yang dapat kamu gunakan untuk membeli kebutuhan yang tidak wajib tersebut.

Manfaatnya kamu akan merasa pola gaya hidupmu lebih teratur dan terarah, tak hanya itu saja tetapi kamu menjadi tahu kemana uangmu mengalir sebenarnya.

Dapat Berinvestasi Akibat Perencanaan Keuangan

Investasi
Investasi

Berinvestasi merupakan sebuah langkah yang diambil setiap individu untung menggandakan harta yang dimilikinya. Investasi ini pun terdiri atas beberapa jenis yaitu investasi properti, emas, deposito, reksadana hingga saham.

Dalam mencapai mimpi untuk bisa berinvestasi maka kamu membutuhkan modal untuk mewujudkannya.

Modal ini pun tidak serta merta langsung bisa didapatkan dengan mudah, kamu harus menabung terlebih dahulu. Aktivitas menabung ini sendiri tidak bisa dilakukan begitu saja tetapi harus melalui perencanaan keuangan terdahulu.

Tujuannya agar dapat membagi pos-pos pengeluaran yang ada sehingga sisa uang dari pengeluaran tersebut dapat dijadikan sebagai modal tabungan investasi

Perencanaan Keuangan membuat kemandirian Finansial

Ketika kita sadar akan pentingnya perencanaan keuangan dan konsisten untuk melakukannya maka hal tersebut akan kamu rasakan dampaknya nanti. Salah satu dampak yang dapat dirasakan yaitu kamu dapat mandiri secara finansial.

Dengan demikian kamu tidak akan menyusahkan orang sekitarmu terutama orang tuamu mengenai permasalahan finansial. Bahkan sebaliknya, kamu dapat membantu orang sekitarmu dengan uang kamu miliki saat ini.

Satu hal dampak ini tidak bisa kamu rasakan dengan cepat perlu proses yang panjang dan penyesuaian yang lama. Sebab sangat sulit bagi kita untuk meninggalkan kebiasaan lama tersebut.

Inilah 7 alasan pentingnya mengatur keuangan yang akan meyakinkanmu untuk meninggalkan kebiasaan lama dan buruk menuju kebiasaan baik dan menguntungkan!

Setiap perjalanan menuju sesuatu yang baik tidak akan pernah mudah selalu saja ada halangan dan rintangan yang menjadi sebuah tantangan.

Namun, tetap nikmati setiap proses yang ada dan konsisten menjalaninya maka dampak yang begitu baik menanti didepan mata.

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *