Pengertian, Jenis dan Keuntungan Investasi Properti

Investasi properti merupakan investasi yang tak pernah lekang oleh waktu. Setiap orang selalu menginginkan untuk berinvestasi di bidang ini, segala cara dilakukan cicilan hingga cash. Dengan demikian investasi properti pun tak luput dalam kategori investasi ‘pelindung’.

Mengapa begitu banyak orang berbondong bondong mendapatkannya?

Jawaban sangat mudah, hal utamanya yaitu orang yang berinvestasi di bidang ini dapat menempatinya dan tetap mendapatkan keuntungan. Jelas kondisi ini sangat berbeda jauh, jika kamu memutuskan untuk berinvestasi di emas batangan yang tidak bisa digunakan dan hanya bisa simpan hingga kamu memutuskan untuk menjualnya.

Bahkan ketika kamu memiliki begitu banyak investasi dibidang properti ini maka kamu akan mendapatkan penghasilan setiap bulannya. Dengan demikian kamu dapat mencukupi hidupmu dari sektor investasi ini saja. Menarik bukan?

Jelas menarik, itulah alasan lainnya yang membuat setiap orang menginginkannya dan lebih menariknya pula investasi ini bisa dijadikan jangka panjang saja tanpa kelola. Semua kembali dari pemilik properti tersebut.

Bagi  kalian yang tertarik mengenai ulasan lebih dalam dari investasi properti ini maka ini adalah artikel yang sangat tepat bagimu! Informasi lengkap akan dibagikan di dalam artikel ini. So, jangan kelewatan dari setiap kalimat yang ada artikel ini!

Baca juga: Tertarik Investasi Emas Batangan? Begini Tipsnya

Pengertian Investasi Properti

investasi properti

Sebelum memasuki penjelasan dari jenis-jenis yang ada di investasi properti hingga keuntungan dari investasi ini. Kamu wajib mengetahui apa itu investasi properti!

Apa itu investasi properti?

Investasi properti merupakan suatu kegiatan dimana seseorang atau sekelompok orang yang menempatkan dananya dalam bentuk lahan atau suatu bangunan.

Setelah penempatan dana tersebut dilakukan terdapat aktivitas pengelolaan, penyewaan, hingga penjualan lahan atau bangunan tersebut, semua keputusan kembali pada pemilik investasi tersebut.

Jika bertanya mengenai rentang waktu yang diberikan dari investasi properti ini maka jawabannya fleksibel. Tidak ada batasan dalam rentang waktu dari investasi properti. Kamu dapat menjadikannya jangka panjang bahkan jangka pendek.

Jangka pendek ini dimaksudkan dengan penjualan kembali atau menghasilkan pendapatan di setiap bulannya melalui aktivitas pengelolaan ataupun penyewaan.

Jenis-Jenis Investasi Properti

Terdapat 4 jenis investasi properti yang wajib kamu ketahui sebelum terjun ke dalam bidang investasi ini yang terdiri atas:

Investasi Dalam Bentuk Lahan

Lahan merupakan sebidang tanah luas yang memiliki pengelolaan maupun tidak dari pemilik tanah tersebut. Investasi dalam bentuk lahan ini sangatlah fleksibel, mengapa demikian?

Tanpa kamu membangun sebuah bangunan di lahan ini kamu akan tetap menghasilkan uang yang banyak melalui penjualan ataupun penyewaaan.

Beberapa orang yang tidak mau ambil pusing atas pengelolaanya maka dari itu mereka membiarkannya bertahun tahun tanpa adanya maintenance hingga akhirnya dijual dengan harga tinggi.

Benar, tanah tetap memiliki harga yang sangat besar walaupun tidak adanya perawatan terhadap tanah tersebut, walaupun deretan  rumput memenuhi.

Namun, dengan konsekuensi tanah tersebut dijadikan investasi jangka panjang. Tujuannya agar kamu mendapatkan keuntungan berkali lipat lebih besar saat pembelian.

Namun, beberapa orang lainnya memilih untuk mengelola lahan tersebut dengan sedikit sentuhan dan menjadikan sebagai lahan parkir.

Biasanya tanah yang dijadikan lahan parkir memiliki kondisi yang sangat strategis, seperti lahan parkir motor yang tak jauh dari sekolah menengah atas, kos-kosan, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Investasi Dalam Bentuk Bangunan Kantor

kantor

Investasi dalam bentuk bangunan kantor ini bisa didirikan dalam sekelompok orang maupun individu tergantung dari kepentingan masing-masing pihak serta modal yang diperlukan. Fakta menariknya dari investasi ini yaitu memiliki keuntungan yang paling besar. Mengapa demikian?

Pada umumnya bangunan kantor akan berada di pusat kota maupun tempat strategis lainnya. Ini lah utama yang menjadikannya sebagai investasi yang sangat menjanjikan.

Namun tetap saja biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit disertai maintenance yang besar. Tak hanya itu saja, investasi ini memiliki kecenderungan akan sensitif terhadap laju ekonomi.

Investasi Dalam Bentuk Komersial

Hotel

Pastinya kamu akan berpikir dimana letak perbedaan dari investasi dalam bentuk bangunan kantor dan komersial, benar tidak?

Perbedaan yang terjadi pada jenis investasi ini terletak pada letak. Jika bangunan kantor sangat memerlukan letak bangunan yang sangat strategis maka investasi ini tidak terlalu memerlukannya walaupun beberapa bangunan terletak di daerah yang strategis.

Hal ini kemungkinan disebabkan atas para customer tetap akan mengunjunginya dimanapun itu.

Tak perlu berpikir jauh, restoran yang memiliki kredibilitas pelayanan terbaik serta makanan yang memiliki ciri yang sangat enak. pastinya akan dicari customernya walaupun harus menunggu beberapa jam atau letak yang jauh.

Alasan lainnya yaitu target market yang diterapkan dari pemilik bangunan untuk usahanya, seperti hotel yang berada di dekat lokasi bandara. Pada dasarnya lokasi bandara sangat jauh dengan pusat kota.

Namun, pembangunan hotel tetap didirikan sebab target marketnya berada pada orang yang transit atau perusahaan yang mengadakan training yang dimana pesertanya membutuhkan ketenangan dalam mengikutinya.

Properti pun tak luput dari keuntungan yang sangat besar seperti bangunan kantor dan mungkin dapat bersaing. Investasi dalam bentuk komersial biasanya terdiri atas ruko, hotel, restoran, rumah sakit dan lain sebagainya.

Investasi Dalam Bentuk Hunian

Hunian

Suatu investasi favorit bagi setiap elemen masyarakat. Hal tak berbeda jauh dengan investasi dalam bentuk lahan. Jika lahan dalam bentuk seluas bidang tanah maka hunian dalam bentuk sebuah bangunan. Investasi ini biasanya  dilakukan secara individu.

Biasanya pula, investasi ini digunakan dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Jika kamu menggunakannya untuk jangka pendek dapat membangun sebuah kontrakan, kos-kosan atau rumah hunian dan kemudian disewakan. Terkadang unit apartemen pun menjadi pilihan untuk menjadi investasi jangka pendek.

Keuntungan Investasi Properti

Berikut beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dalam investasi properti ini adalah sebagai berikut:

Grafik Harga yang Selalu Naik

Sama halnya dengan investasi emas begitu pula yang terjadi dengan investasi properti, nilai dari investasi ini selalu mengalami kenaikan.

Hal tersebut terjadi karena ketika inflasi terjadi sehingga semua harga barang naik terutama harga properti bahkan laju kenaikan harga properti ini jauh lebih tinggi dari inflasi. Dengan demikian jika inflasi terjadi tak akan mempengaruhi nilai properti itu sendiri.

Itulah alasan dibalik harga properti yang selalu naik. Kondisi ini sangat menguntungkan pihak yang berinvestasi. Tak hanya itu saja saat ini permintaan atas properti itu sangat lah tinggi bagi yang diperuntukkan individu maupun keluarga.

Dengan demikian pihak pemilik properti dapat menaikkan harganya, jika melihat demand yang terjadi sedangkan stock yang dimiliki tidak berbanding lurus dengan demandnya.

Sumber Penghasilan Dana Pasif

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa investasi properti ini dapat dijadikan sebagai  investasi jangka pendek dan jangka panjang. Maksud dari investasi jangka pendek ini yaitu investasi ini dapat memberikan penghasilan setiap modalnya melalui pengelolaan ataupun penyewaan.

Pada dasarnya pula individu yang memiliki tujuan investasi tidak terlalu memikirkan pola jangka pendeknya dan hanya memikirkan jangka panjang. Ketika peluang untuk jangka pendek itu tersedia maka jadilah sebagai penghasilan dana pasif.

Dengan demikian individu tersebut dapat memiliki penghasilan setiap bulannya dari penghasilan dana pasifnya selain penghasilan dana aktifnya.

Terkadang pula penghasilan dana pasif ini dapat melebihi penghasilan dana aktifnya itu sendiri. Itulah menariknya investasi properti, Uang yang dikeluarkan dapat dikategorikan besar namun penghasilannya pun tidak kalah besarnya.

Investasi yang Dapat Dijadikan Bisnis Tanpa Modal

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa investasi ini dapatkan dijadikan sumber penghasilan dana pasif untuk setiap bulannya.

Fakta menariknya sumber penghasilan tersebut tidak memerlukan modal yang besar terkadang sebuah lahan rata saja dapat dijadikan bisnis dan tidak melulu soal rumah utuh, kos-kosan, atau bahkan unit apartemen.

Baca juga: Investasi Emas Batangan Keuntungan dan Risikonya, Pahami!

Inilah sederet informasi mengenai investasi properti. Semoga artikel ini akan membantumu yang akan memulai investasi di bidang ini. Sukses selalu dan mari berinvestasi untuk masa depan yang nyaman dan indah!

Bagikan

Leave a Comment