Pengertian, Jenis dan Pentingnya Investasi, Pahami!

Investasi merupakan hal yang perlu kamu lakukan sebab dengan investasi kamu akan lebih besar kemungkinan untuk bisa menggapai mimpi untuk bebas finansial di masa depan.

Meski saat ini kamu mempunyai gaji besar atau kamu merupakan orang kaya investasi tetap mutlak dibutuhkan untuk menjaga asetmu dari adanya inflasi atau hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan.

Jadi pada dasarnya investasi memang sangatlah penting terlebih bagi kamu sadar investasi sejak muda, karena jika kamu berinvestasi sejak dini kamu akan semakin memperoleh peluang lebih besar untuk cepat-cepat dapat menikmati hasil investasimu.

Dan ternyata di zaman sekarang berinvestasi tidak melulu harus punya modal besar ada banyak instrumen investasi yang ditawarkan dengan minim, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak memulai investasi sedari sekarang.

Pengertian investasi

Pentingnya investasi

Menurut Husnan investasi adalah sebuah rencana yang akan diinvestasikan untuk sumber-sumber daya, baik untuk proyek besar maupun untuk proyek yang kecil dan bertujuan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

Secara sederhana investasi merupakan kegiatan menyimpan dana di suatu tempat pada periode tertentu dengan harapan nilainya akan bertambah dikemudian hari.

Pada dasarnya investasi seperti layaknya menabung namun nilai dari investasi lebih besar dari tabungan karena memiliki potensi lebih besar di masa depan apalagi ketika pilihan investasi yang kamu pilih sejalan dengan nilai pasar.

Dengan begitu kesempatan kamu untuk mendulang keuntungan semakin besar maka memilih jenis investasi terbaik layak kamu pertimbangkan karena akan sangat menentukan kesuksesan dalam investasimu.

Jenis Investasi

Pada dasarnya investasi memiliki dua jenis yaitu; investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang, keduanya sama-sama menguntungkan tergantung dari portofolio yang kamu punya dan tujuan yang kamu inginkan.

Adapun beberapa investasi terbaik menjanjikan yang bisa kamu pilih adalah sebagai berikut;

Reksa dana

Menurut Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 reksa dana adalah wadah yang digunakan masyarakat untuk menghimpun dana. Dana tersebut lantas dikelola sebagai investasi oleh manajer investasi ke dalam portofolio efek.

Saham

Saham adalah salah satu instrumen investasi. Saham adalah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan atau bukti penyertaan modal.

Emas

Investasi Emas adalah suatu aktivitas menginvestasikan sejumlah modal pada logam mulia berupa emas.

Peer to peer (P2P)

P2P Lending adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam melalui sistem online.

Properti

Investasi properti adalah jenis investasi yang berkaitan dengan pembelian, kepemilikan, penyewaan, pengelolaan dan penjualan real estate untuk menghasilkan keuntungan atau profit.

Pentingnya investasi

investasi

Masih banyak orang yang mengkesampingkan akan pentingnya investasi padahal mau kamu orang kaya atau tidak tetap saja kamu perlu mengalokasikan danamu untuk berinvestasi.

Karena dengan melakukan investasi kamu juga sebenarnya sedang memproteksi uang yang sudah kamu punya, malahan jika intrumen investasi yang kamu pilih tepat kamu juga bisa melipatgandakan hasil dari investasimu. Sehingga pendapatanmu semakin meningkat.

Untuk lebih memahami pentingnya investasi secara lebih mendalam kami akan berikan ilustrasi contohnya; bayangkan kamu sedang mempersiapkan sebuah acara besar seperti pernikahan, begitu banyak perlengakapan yang harus kamu siapkan. Nah kamu harus memulai mempersipakan sedikit demi sedikit supaya jalannya acara lacar.

Tanpa perencanaan yang baik acara tersebut akan sulit terlaksana dengan baik, memperiapkan acara sedikit demi sedikit itu disebut dengan investasi, Singkatnya, dengan berinvestasi, kita dapat mulai mempersiapkan kebutuhan di masa depan dengan memanfaatkan dana yang kita miliki saat ini.

Jadi kesimpulannya investasi diperlukan guna masa depan yang lebih baik, investasi bisa menolong anda ketika anda kelak mengalami masalah finansial atau hal-hal yang tidak kalian inginkan dimasa depan. Selain investasi yang tepat tentunya akan mendatangkan cuan berkelanjutan yang akan menambah pundi-pundi penghasilan.

Baca juga: Patut Dicoba! Inilah 7 Tips Jitu Perencanaan Investasi

Bagikan

Leave a Comment