5 Daftar Saham Syariah Terbaik Indonesia untuk Para Pemula

Banyak sekali kalangan masyarakat saat ini yang mulai tertarik dengan investasi likuiditas seperti saham. Hal tersebut tentunya dipicu akan keuntungan dan prospek yang cerah dimasa mendatang. Namun, tentunya sebagian besar orang terutama yang beragama Islam mengenal yang namanya riba, sesuatu yang harus dihindari agar terhindar dari dosa. Menghindari semua itu terbentuklah jenis saham Syariah berdasarkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Namun untuk mencari saham Syariah terbaik pun juga ada kriterianya,

Dalam pemilihan saham Syariah pun dapat mengacu dalam 3 indeks yaitu Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), Jakarta Islamic Index (JII), dan Jakarta Islamic Index 70 (JII70 Index). Acuan ini tergantung dari kriteriamu sebagai seorang investor sebab pegang kendali keputusan hanya berada di pemiliknya.

Jangan khawatir mengenai pemilihan saham tersebut sebab saham yang terpilih menjadi saham Syariah sedikit banyak masuk ke dalam LQ45. Tentunya saham tersebut akan memberikanmu keuntungan dan menghindarkanmu dari riba dan tentunya dosa dalam pemilihan investasi.

Pada umumnya kriteria dari saham Syariah ini terdiri atas hutang berbunga yang dimiliki perusahaan tidak melebihi 45% dari total asset. Perusahaan yang menghasilkan suatu produk atau jasa yang sesuai dengan ajaran agama islam, dan lain sebagainya.

Kali ini investasimuda akan menghadir 5 daftar saham Syariah terbaik yang menjadi rekomendasi tentunya di tahun 2021 ini.

Daftar Saham Syariah Terbaik : JPFA

Japfa

JPFA merupakan kode emiten saham pemilik perusahaan PT JAPFA Comfeed Indonesia, Tbk. Perusahaan yang bergerak didalam bidang basic industry and chemicals dengan fokus pada unggas ini menyeret perhatian yang cukup mendalam. Beberapa kali telah mengantarkan para investornya pada cuan yang luar biasa.

Perusahaan yang berfokus pada unggas ini telah berdiri sejak 50 tahun yang lalu. Dengan demikian pada bulan januari 1971 resmi beroperasi, kemudian melantai di bursa saham Indonesia di tahun 1989. Sepanjang perjalanannya perusahaan ini telah membuktikan kinerja yang begitu baik.

Saat ini JPFA memiliki harga saham per tanggal 13/4/2021 berada di angka Rp 1.880/lembar saham dengan kapitalisasi pasar yang berada di angka 21.752.797. Terakhir kali pembagian dividen terjadi pada tahun 2019 sebesar Rp 20,00. Berdasarkan laporan keuangan menyatakan pada kuartal ke-4 tahun 2020 meraih penghasilan sebesar Rp 12.039.676 M dengan keuntungan bersih sebesar Rp 659.522 M.

Alasan yang mendukung JPFA masuk ke dalam list saham Syariah terbaik di Indonesia sebab dipicu dari prospek bisnis yang akan terjadi dimasa akan mendatang. Perusahaan telah melakukan akuisisi PT So Good Food serta membuka pembiakan induk udang di Indonesia yang menjadi sesuatu yang sangat menarik. Kita tahu bahwa Indonesia kaya akan flora dan fauna tentunya melalui pembiakan ini menjadi kondisi positif untuk di masa depan.

Hal lainnya yang mendukung dimana dalam laporan keuangan yang disediakan perusahaan menunjukkan suatu data laporan keuangan yang sehat. Tentunya kondisi ini sangat mendukung JPFA untuk dijadikan saham jangka panjang.

Daftar Saham Syariah Terbaik : ANTM

Antam

Kode emiten saham ANTM yang sempat geger di dalam dunia saham akibat kabar yang beredar mengenai investasi besar-besaran yang dilakukan pemilik perusahaan Tesla, Elon Musk. Tentunya pada saat itu membuat kenaikan saham secara besar-besaran hingga melebihi dari nilai yang seharusnya.

Sebelumnya mari kita berikan penjelasan secara singkat dan padat mengenai ANTM merupakan kode emiten pemilik dari PT Aneka Tambang, Tbk. Perusahaan miliki Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini bergerak dalam bidang pertambangan. Secara resmi perusahaan ini beroperasi pada tahun 1968 dan telah melantai di bursa saham Indonesia di tahun 1997.

Harga saham ANTM saat ini per tanggal berada di angka Rp 2.270/lembar saham dengan kapitalisasi pasar berada di angka Rp 53.107.990. Terakhir kali pembagian dividen terjadi pada tahun 2020 sebesar Rp 16,73. Angka pada tahun 2020 ini terbilang sangat besar dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun para investor yang mengharapkan dividen dari ANTM disarankan untuk tidak memiliki ekspektasi besar sebab besaran angka dividen ANTM cukup fluktuatif yang tajam. Berdasarkan data keuangan pada kuartal ke-4 tahun 2020 ANTM memiliki penghasilan sebesar Rp 9.335.120 M dengan keuntungan bersih sebesar Rp 313.569 M.

Alasan mendukung yang menjadikan ANTM masuk ke dalam daftar saham Syariah terbaik dimana perusahaan ini memiliki fundamental yang baik dan sehat. Namun emiten saham ini tidak cocok untuk dijadikan jangka panjang melainkan sangat cocok untuk jangka menengah.

Daftar Saham Syariah Terbaik : TLKM

Telkom

PT Telkom Indonesia merupakan pemilik dari kode emiten saham TLKM. Perusahaan ini termasuk ke dalam bagian perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Fokus bidang dari perusahaan ini termasuk ke dalam sektor jasa telekomunikasi dan jaringan. Perusahaan ini berdiri sejak zaman kolonial namun secara resmi pada tahun 1961. Secara resmi melantai dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 1995.

Harga TLKM saat ini per tanggal 13/4/21 berada di angka Rp 3.360/lembar saham dengan kapitalisasi pasar yang berada di angka Rp 335.820.914. Terakhir kali melakukan pembagian dividen pada tahun 2019 sebesar Rp 154,06. Angka yang di berikan bukanlah sebuah angka terendah diantara tahun-tahun sebelumnya namun menurun jika dibandingkan pada tahun 2018.

Berdasarkan data keuangan yang disediakan oleh TLKM pada kuartal ke-2 tahun 2020 menyatakan bahwa penghasilan sebesar 32.662.000 M dengan keuntungan bersih sebesar Rp 5.127.000 M. Alasan yang mendukung perusahaan ini masuk ke dalam saham syariah terbaik sebab perusahaan ini memiliki pergerakan harga saham yang cenderung meningkat serta stabil. Tak hanya itu saja perusahaan ini termasuk ke dalam IDX30 dan juga saham blue chip.

Hal ini pun didukung melalui prospek bisnis perusahaan yang bergerak di telekomunikasi dimana saat ini penggunaan teknologi sedang marak-maraknya dan telah memasuki era industri 4.0. Tentunya hal ini akan menjadi pendukung TLKM untuk semakin meningkat kedepannya. Saham TLKM ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai saham jangka panjang.

Daftar Saham : ADRO

Andaro

PT Adaro Energy Tbk merupakan perusahaan pemilik emiten dengan kode saham ADRO. Perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan batubara ini secara resmi beroperasi sejak tahun 2005 dan melantai di bursa saham pada tahun 2008.

Harga saham ADRO saat ini per tanggal 13/4/21 berada di angka Rp 1.300/lembar saham dengan kapitalisasi saham yang berada di angka Rp 39.982.453. Terakhir kali pembagian dividen terjadi pada tahun 2019 sebesar Rp 44,13. Jika dilihat dari pembagian dividen yang diberikan memiliki fluktuatif yang tidak signifikan. Berdasarkan data keuangan pada kuartal ke-4 tahun 2020 memiliki penghasilan sebesar Rp 580.322.000 dengan keuntungan bersih sebesar Rp. 37.548.000.

Alasan yang mendukung perusahaan ini termasuk kedalam saham syariah terbaik di Indonesia karena prospek bisnis yang dimiliki perusahaan kedepannya sangat lah menarik dimana kebutuhan batubara mendatang akan semakin meningkat. Dengan demikian akan mempengaruhi pertumbuhan perusahaan. Selain itu perusahaan memiliki fundamental yang baik yang dapat dijadikan saham jangka panjang.

Daftar Saham : PGAS

PGAS

PGAS merupakan kode emiten saham yang dimiliki oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero), Tbk. Perusahaan yang bergerak pada bidang gas alam ini telah melantai di Bursa Saham Indonesia (BEI) pada tahun 2003.

Saat ini harga saham PGAS per tanggal 13/4/21 berada di angka Rp 1.380. Kapitalisasi pasar yang berada di angka Rp 33.089.659. Terakhir kali pembagian dividen terjadi pada tahun 2019 sebesar Rp 41,56. Angka dividen menurun dari tahun sebelumnya namun bukanlah angka dividen terendah. Berdasarkan data keuangan yang disediakan pada kuartal ke-3 tahun 2020 memiliki penghasilan sebesar Rp 681.906.256 dengan keuntungan bersih sebesar Rp 46.536.155.

Alasan yang mendukung perusahaan ini termasuk ke dalam saham syariah terbaik di Indonesia sebab dari segi proses bisnis ini setiap elemen masyarakat akan membutuhkan gas alam di dalam kehidupan sehari-hari dan hal tersebut akan berlangsung cukup panjang. Perusahaan ini memiliki kecenderungan harga saham yang stabil sehingga akan lebih baik menjadikannya saham jangka menengah.

Baca juga: 10 Saham Potensial Tahun 2021: Wajib Masuk List Para Investor Nih!

Inilah 5 Rekomendasi saham ala investasimuda yang akan membantu para investor dalam mencari saham yang tidak melanggar syariat Islam. Pastinya kalian akan bertanya rekomendasi ini berdasarkan indeks apa. Kali ini investasimuda akan menjawab bahwa indeks acuan rekomendasi saham Syariah terbaik ini berdasarkan Jakarta Islamic Index (JII). Semoga rekomendasi saham Syariah terbaik ini akan membantumu menemukan saham yang terbaik. Semangat untuk mencari cuannya!

Bagikan

Leave a Comment