Review Ajaib Sekuritas: Trading Saham dan Reksadana Jadi Makin Mudah

Saham tak akan pernah lengkap jika tak memiliki platform yang menaungi emitennya. Platform tersebut disebut sebagai sekuritas. Indonesia menaungi sejumlah sekuritas dengan berbagai kelebihan dan kekurang yang diberikan, beberapa diantaranya seperti Ajaib Sekuritas, Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, dan lain sebagainya.

Dalam pemilihan suatu sekuritas pun diharuskan sangat jeli sebab terdapat perbedaan yang cukup signifikan dalam fasilitasnya. Jangan lupa untuk mengecek sekuritas tersebut telah terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini tentunya sangat penting untuk keamanan uang yang kamu miliki.

Fakta menarik dari Ajaib Sekuritas yaitu sebelumnya sekuritas ini pun terkenal dengan platform penyedia reksa dana yang sangat terkenal di kalangan para pemula. Hal ini tentunya keramahan penggunaan yang dimilikinya serta daftar reksa dana yang begitu lengkap dibandingkan lainnya.

Kali ini investasimuda akan mereview secara singkat dan padat mengenai sekuritas yang terkenal sangat nyaman bagi para pemula yang baru saja terjun ke dalam dunia saham.

Profil Singkat Ajaib Group

Ajaib Group saat ini menaungi dua jenis perusahaan yang berbeda yaitu PT Ajaib Sekuritas Asia (Ajaib Sekuritas) dan PT Takjub Teknologi Indonesia (Reksa dana). PT Ajaib Sekuritas Asia ini sendiri telah berdiri sejak tahun  1989 dan tentunya telah terdaftar di dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini pun dibuktikan melalui nomor izin yang dimiliki yaitu KEP-171/PM/1992. Perusahaan memiliki visi dalam menjalankan roda perusahaannya yaitu menjadi perusahaan efek nasional dan berpartisipasi untuk mengembangkan Pasar Modal Indonesia ke taraf dunia.

Begitu pula dengan PT Takjub Teknologi Indonesia yang menaungi layanan transaksi jual beli reksa dana. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2019 dan tentunya telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tentunya hal ini dibuktikan melalui nomor izin yang dimiliki yaitu KEP-17/PM.21/2018. Dalam menjalankan roda perusahaan tentunya perusahaan memiliki visi yaitu membuka pintu akses terhadap investasi aman dan terpercaya, Ajaib menyediakan layanan reksa dana online. Investor dapat berinvestasi saham, obligasi, dan pasar uang melalui reksa dana yang sesuai dengan profil risiko masing-masing individu. Informasi tambahan sekuritas satu ini merupakan hasil akuisisi dari Primasia Sekuritas.

Perusahaan ini tentunya bermitra dengan sejumlah manajer investasi terbaik dalam menjalankan PT Takjub Teknologi Indonesia. Mitra tersebut terdiri atas Avrist Asset Management, Bahana TCW Investment Management, Capital Asset Management, dan lain sebagainya.

Produk dari Ajaib Group

Profuk Ajaib Sekuritas

Sesuai dengan penjelasan yang dijabarkan sebelumnya tentunya Ajaib Group memiliki dua jenis produk unggulan yang terdiri atas:

Disclaimer:

Perusahaan hanya menghadirkan satu aplikasi namun menaungi semua produk dari Ajaib Group.

Ajaib Sekuritas

Produk sekuritas ini menaungi sejumlah emiten yang telah terdaftar di dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam proses transaksi jual beli Ajaib Sekuritas tidak menerapkan minimum deposito awal. Menariknya perusahaan ini memiliki fee yang cenderung murah yaitu transaksi beli sebesar 0.25% dan transaksi jual sebesar 0.15%.

Bagian menariknya dari fee tersebut merupakan fee standar yang diterapkan oleh pihak manajemen perusahaan. Namun terdapat ketentuan berikut yang akan lebih meringankan beban dari para trader yaitu:

  • Transaksi < Rp 150 juta maka fee yang dikeluarkan yaitu transaksi beli 0.15% dan transaksi jual 0.25%
  • Jika kamu melakukan transaksi dengan range Rp 150 juta – Rp 1.5 Miliar maka fee transaksi beli sebesar 0.14% dan fee transaksi beli sebesar 0.24%
  • Transaksi > Rp 1.5 Miliar maka para nasabah akan dikenakan fee transaksi beli sebesar 0.13% dan fee transaksi jual sebesar 0.23%

Kesempatan menarik yang perusahaan ini berikan yaitu saham gratis dan fasilitas lainnya dengan cara mengundang temanmu dan kamu akan mendapatkannya. Aplikasi ini dapat kamu temukan di Apps Store dan Play Store.

Platform Reksa Dana

Produk reksa dana ini telah bermitra dengan sejumlah manajer investasi terbaik dan terpercaya. Manajer investasi ini terdiri atas Avrist Asset Management, Bahana TCW Investment Management, Capital Asset Management, dan lain sebagainya. Platform reksa dana ini terdiri atas beberapa jenis produk reksa dana yaitu saham, pendapatan tetap, pasar uang dan campuran.

Setiap platform reksa dana selalu memiliki keunikannya masing-masing, hal ini pun berlaku pada aplikasi ajaib. Aplikasi ajaib membagi kategori pembelian reksa dana berdasarkan kategori popularitas, indeks, terjangkau, hingga syariah. Tak hanya itu aplikasi juga menyediakan kategori jenis produk reksa dana atau manajer investasi agar tak kesusahan untuk mencari.

Tentunya hal ini memang sangat mempermudah dalam pencarian, terutama terdapat beberapa kelompok hanya mempercayai sejumlah manajer investasi saja. Tak hanya itu saja tapi kondisi tersebut sangat menguntungkan para pemula dalam mencari produk reksa dana sebab cukup membuka kategori popularitas dan ia dapat memilih dengan mudah dan nyaman.

Bagian menariknya pada setiap produk yang ditawarkan terdapat keterangan resiko dari produk reksa dana serta jenisnya. Dengan demikian para investor dapat menyesuaikan level resikonya dengan produk reksa dana yang ditawarkan

Alasan Aplikasi Ajaib Populer di Kalangan Para pemula?

Tahukah kamu apa alasan yang mendukung popularitas aplikasi ajaib di kalangan pemula?

Sebelumnya perlu diinformasikan terlebih dahulu bahwa aplikasi ajaib terkenal untuk pertama kali sebagai platform reksa dana yang ramah terhadap para pemula. Setelahnya, pihak perusahaan mengambil langkah berani untuk melakukan akuisisi dan berakhir lah pula menjadi sekuritas.

Dengan demikian perusahaan tentunya telah memiliki pelanggan tetap di dalam aplikasinya sehingga hal ini mempermudah dalam hal promosi sekuritas. Ditambah aplikasi yang menaungi reksa dana juga menaungi saham. Hal ini tentunya sangat mempermudah kondisi yang ada sebab setiap orang dapat melakukan investasi reksa dana dan saham di dalam satu tempat yang sama.

Interface yang dihadirkan perusahaan sangatlah ramah bagi para pemula, tidak seperti sekuritas lainnya yang sulit untuk dipahami. Dengan demikian para pemula perlu beberapa waktu untuk beradaptasi, berbeda halnya dengan aplikasi ajaib yang seakan dalam waktu 5 menit kamu dapat mengoperasikannya dengan handal

Fitur-Fitur dari Ajaib Sekuritas

Fitur-fitur Ajaib Sekuritas

Aplikasi ajaib hadir dengan berbagai fitur-fitur yang menarik terdiri atas:

  • Watchlist – fitur ini disediakan agar para investor dapat memantau secara berkala harga emiten saham yang menjadi incarannya. Tak sampai disitu saja, jika kamu memasukkan emiten saham ke area watchlist maka kamu akan mendapatkan notif secara berkala pula mengenai harga yang ditawarkan saat ini.
  • Auto Order – fitur transaksi jual beli secara otomatis dan kamu dapat mengaturnya dengan range waktu tertentu
  • Key Statistics – fitur yang akan menayangkan analisis fundamental perusahaan secara lengkap bagi investor jangka panjang
  • Technical – fitur yang menayangkan analisis perusahaan secara lengkap bagi para trader
  • Calender – fitur satu ini memberikan informasi mengenai pembagian dividen dan RUPS
  • Indeks Saham – fitur ini menayangkan daftar saham berdasarkan kategori seperti LQ45, JII, ISSI dan lain sebagainya
  • Corp Action – fitur ini menayangkan aktivitas RUPS, dividen, dan lain sebagainya

Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki Ajaib Sekuritas

Kelebihan kekurangan Ajaib Sekuritas

Setiap aplikasi tentunya memiliki keebihan hingga kekurangan. Berikut kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ajaib adalah sebagai berikut:

  • Tidak adanya minimal di deposito awal bagi para investor
  • Pendaftaran dapat dilakukan secara online
  • Fee transaksi jual beli saham cenderung murah
  • Interface yang begitu ramah sehingga mudah untuk setiap orang untuk memahaminya
  • Informasi perusahaan yang disediakan dalam aplikasi tergolong lengkap
  • Fasilitas Top Up RDN yang begitu mudahnya sebab kamu dapat melakukan topup melali transfer antar bank, dana, gopay, OVO dan lain sebagainya

Kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi ajaib adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi memiliki delay time yang cukup signifikan hingga dapat mengganggu dari transaksi jual beli saham
  • Fitur order masih dalam kategori yang standar dan masih membutuhkan pengembangan berkelanjutan lagi
  • Sering kali terjadi gangguan dalam penarikan dana nasabah

Inilah review jujur yang investasimuda hadirkan untuk Ajaib Sekuritas. Tentunya artikel ini ditujukan bagi para investor yang sedang mencari sekuritas terbaik untuknya terutama bagi para investor pemula. Semoga artikel ini akan membantumu dalam menemukan sekuritas yang cocok dengan profilmu. Semangat untuk mencari cuannya!

Baca juga: 11 Sekuritas / Broker Saham Terbaik Indonesia Tahun 2021

Bagikan

Leave a Comment