Inilah Deretan 5 Saham FMCG Terbaik yang Menjadi Rekomendasi Tahun 2021!

Inilah Deretan 5 Saham FMCG Terbaik yang Menjadi Rekomendasi Tahun 2022!

Pasar Modal

Dalam dunia saham terbagi atas berbagai sektor antara lain FMCG, pertambangan, keuangan, agrikultur, infrastruktur, dan lain sebagainya.

Setiap sektor memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki lainnya seperti sektor keuangan / perbankan yang memiliki pertumbuhan saham yang begitu cepat dibandingkan lainnya.

Sektor tersebut memiliki leader atau saham terbaiknya, kali ini investasi muda akan membahas saham FMCG terbaik.

Jika sebelumnya kamu telah disuguhkan oleh sektor lainnya, maka pembahasan kali ini seputar emiten saham yang menghasilkan produk sehari-hari.

Kita tahu FMCG merupakan bidang yang menyediakan keseluruhan aspek kehidupan sehari-hari setiap individu. Dengan demikian kita tidak akan pernah terlepas dalam bidang ini.

Selain itu pula perusahaan mendapatkan pendapatan yang berulang-ulang yang tentunya hal ini sangat menguntungkan kita sebagai investor.

Terdapat begitu banyak saham FMCG terbaik di Indonesia, namun saat ini investasimuda memutuskan untuk mengelompokkannya ke dalam 5 saham FMCG terbaik yang menjadi rekomendasi.

Daftar Saham FMCG Terbaik : UNVR

Produk unilever

Tentunya tidak ada satupun yang tidak mengetahui Unilever, perusahaan asal London, United Kingdom, tentunya popularitas perusahaan ini telah mendunia dan tidak diragukan kembali.

Ketika Unilever hadir di Indonesia maka perusahaan ini bergerak di bidang manufaktur, pemasaran hingga pendistribusian finished goods.

Unilever Indonesia ini sendiri menghasilkan berbagai produk yang terdiri atas makanan berbasis susu, kosmetik, minuman, dan lain sebagainya.

Produk-produk yang terkenal diantara masyarakat Indonesia yaitu Blueband, dove, clear, Vaseline, royco, bango, dan lain sebagainya. Melalui kepopularitasan yang dimiliki perusahaan internasional satu ini pada tahun 1982 Unilever Indonesia mengalami IPO pada tahun 1982.

Harga saham UNVR per tanggal 12/04/21 Rp 6.425/lembar saham dengan kapitalisasi pasar dari UNVR berada di angka Rp 13.794.475. Terakhir kali pembagian dividen pada tahun 2020 Rp 87,00.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya maka tahun 2020 merupakan pembagian dividen terendah di antara tahun sebelumnya. Namun, angka ini tetap saja berada angka yang tinggi dalam ukuran pembagian dividen.

Hal ini diperkirakan terjadi akibat pandemi yang melanda seluruh dunia yang berimbas ke berbagai sektor tak terkecuali sektor FMCG. Pada kuartal ke-4 tahun 2020 dilaporkan penghasilan sebesar Rp 10.515.801 M dengan keuntungan bersih dari UNVR sebesar Rp 1.725.197 M.

Alasan lainnya menjadikan UNVR yang saham FMCG terbaik yaitu perusahaan ini menjadi market leader FMCG. Dengan demikian perusahaan ini pun masuk kedalam deretan saham blue chip.

Tentunya akan menjadi saham yang sangat cocok untuk jangka panjang. Tak hanya itu saja, perusahaan ini tidak memiliki catatan hutang di bank. Dengan demikian menyatakan bahwa pendapatan UNVR lebih besar daripada asetnya.

Daftar Saham FMCG Terbaik : SIDO

Perusahaan asal Indonesia tepatnya Yogyakarta ini telah berdiri sejak tahun 1940 dan dikelola oleh Ny. Rahkmat Sulistio.

Berawal dari bisnis rumahan yang terkenal akan jamunya yang begitu enak dikonsumsi menjadi suatu perusahaan yang besar dan dapat bersaing dengan jenis perusahaan yang sama.

Pernahkah terbayang dibenak kalian jika, pada awalnya perusahaan ini berawal dari usaha pemerahan susu? Tentunya tidak bukan namun kegigihan dari Ny. Rahkmat Sulistio dan suaminya yang tidak menyerah membawa perusahaan ini memasuki IPOnya pada tahun 2013.

Saat ini perusahaan yang bergerak di industri herbal ini tidak hanya menghasilkan jamu saja tetapi farmasi, makanan dan minuman hingga kosmetik. Tidak terbatas pada hal tersebut saja tetapi juga berada pada transportasi darat dan jasa.

Harga saham SIDO per tanggal 12/04/21 berada di angka Rp 770/lembar saham dengan kapitalisasi pasar yang berada Rp 1.653.190. Terakhir kali pembagian dividen dilakukan  pada tahun 2020 sebesar Rp 18,90.

Angka ini tentunya terendah di antara tahun sebelumnya, namun tidak berada di range yang terlalu jauh. Berdasarkan laporan keuangan yang diterima bahwa pada kuartal ke-4 tahun 2020 perusahaan menerima penghasilan sebesar 1.078.137 M dengan keuntungan bersih sebesar 293.211 M.

Alasan lainnya yang mendukung SIDO berada di dalam daftar saham FMCG terbaik di Indonesia sebab perusahaan ini sangat menghindari untuk melakukan hutang di bank.

Tentunya ini merupakan keputusan yang bijak serta baik pula. Pergerakan saham dari SIDO ini dinilai selalu mengalami peningkatan namun tidak signifikan dan akan lebih baik saham ini dijadikan sebagai saham jangka panjang.

Dengan demikian kamu sebagai investor SIDO akan merasakan keuntungan yang lebih besar.

Daftar Saham FMCG Terbaik : GGRM

PT Gudang Garam

Siapa yang tidak mengetahui PT Gudang Garam, Tbk yang memiliki kode emiten saham sebagai GGRM, perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1958 berasal dari kediri, Jawa Timur.

GGRM ini sendiri bergerak dalam bidang industri rokok serta kegiatan yang melibatkan industri tersebut. Pada tahun tahun 1990.

Harga saham GGRM per tanggal 12/04/21 berada di angka Rp 37.525/lembar saham dengan kapitalisasi pasar berada di angka Rp 72.198.100. Terakhir kali pembagian dividen yang terjadi oleh GGRM pada tahun 2018 sebesar Rp 2.600.

Pembagian dividen ini termasuk dalam kategori yang stabil dilihat dari tahun sebelumnya. Berdasarkan data keuangan yang dilaporkan menyatakan bahwa GGRM meraih penghasilan pada kuartal ke-4 sebesar Rp 31.102.252 M dengan keuntungan bersih sebesar Rp 2.000.499 M.

Alasan yang mendukung emiten dengan kode saham GGRM ini termasuk ke dalam daftar saham FMCG terbaik di Indonesia sebab perusahaan ini masuk ke dalam saham dengan pembagian dividen terbaik.

Bagi investor termasuk dalam kategori mencari dividen, ini akan menjadi rekomendasi terbaik yang bisa diberikan. Tentunya saham ini termasuk dalam saham undervalued walaupun nilai tertera cukup tinggi, jika dilihat tanpa mengetahui fundamentalnya.

Daftar Saham : ICBP

Siapa disini yang tidak mengetahui indomie mi goreng? Hal mustahil jika kamu tidak mengetahui produk yang melegenda di seluruh dunia ini.

Perusahaan yang memproduksinya yaitu PT Indofood CBP Sukses makmur dengan kode emiten saham yaitu ICBP. Perusahaan ini bergerak dibidang produk makanan, cold storage, jasa manajemen serta penelitian dan pengembangan. ICBP mengalami IPO pada tahun 2010.

ICBP memiliki harga saham per tanggal 12/4/21 yang berada di angka Rp 8.700/lembar saham dengan kapitalisasi pasar yang berada di angka Rp 18.678.900. Terakhir kali pembagian dividen terjadi pada tahun 2019 sebesar Rp 215,00.

Tentunya angka ini berada urutan tertinggi antara tahun sebelumnya. Berdasarkan data laporan keuangan yang disediakan menyatakan bahwa pada kuartal ke-4 tahun 2020 sebesar Rp 12.744.161 M dengan keuntungan bersih sebesar Rp 2.624.114 M.

Alasan yang mendukung ICBP termasuk kedalam daftar saham FMCG terbaik di Indonesia sebab emiten dengan kode saham ICBP ini termasuk ke dalam saham blue chip dengan pembagian dividen yang sangat menarik di antara saham lainnya.

Kecenderungan peningkatan grafik yang stabil membuat saham ini cocok untuk digunakan pada jangka waktu panjang. Tentunya harga saham yang ICBP miliki berada di dalam daftar saham undervalued.

Daftar Saham : MYOR

Mayora

Kode emiten saham MYOR merupakan kepemilikan dari perusahaan PT Mayora Indah, Tbk. Perusahaan ini bergerak dalam bidang manufaktur makanan, biskuit hingga permen.

Target pasar dari perusahaan asal Indonesia ini tidak hanya memasarkan produknya di domestik saja tetapi kancah luar negeri merupakan bagian dari target pasarnya.

Didirikan pada tahun 1978 dan mulai melakukan IPO pada tahun 1990, membuat perusahaan ini terus melakukan continuous improvement agar dapat terus bersaing dengan perusahaan lainnya.

MYOR memiliki harga saham per tanggal 12/4/21 berada di angka Rp 2.560/lembar saham dengan kapitalisasi pasar berada di angka Rp 5.474.850. Terakhir kali MYOR melakukan pembagian dividen pada tahun 2019 sebesar Rp 30,00.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami peningkatan. Berdasarkan data laporan keuangan yang diberikan menyatakan bahwa pada kuartal ke-4 tahun 2020 penghasilan sebesar 6.895.982 M dengan keuntungan sebesar Rp 504.059 M.

Alasan yang mendukung MYOR masuk ke dalam daftar saham FMCG terbaik di Indonesia sebab perusahaan ini memiliki peningkatan yang terjadi setiap tahunnya secara stabil.

Hal ini menjadikan sebagai perusahaan paling stabil diantara lainnya. Dengan demikian disarankan memasukkannya ke dalam list saham jangka panjang.

Inilah penjelasan secara singkat mengenai saham FMCG terbaik di Indonesia yang tentunya hasil ini tidak berdasarkan pada harga saham atau pun lainnya, namun didasakan pada fundamental perusahaan ini sendiri.

Tentunya rekomendasi saham yang disediakan investasimuda hanya untuk memberikan informasi serta membantumu dalam mengambil keputusan. Semangat mencari cuannya para investor!

Itulah saham terbaik sektor cunsomer goods / MFGC yang bisa menjadi pilihan Anda berinvestasi saham. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *