Tertarik Investasi Emas Batangan? Begini Tipsnya

Emas batangan merupakan investasi favorit masyarakat Indonesia dan akan selalu menjadi favorit. Hal ini dikarenakan nilai emas yang akan semakin naik di setiap tahunnya dan jarang sekali terjadi penurunan yang signifikan.

Tak seperti investasi lainnya yang bisa saja mengalami penurunan signifikan. Selain itu, kita tidak perlu untuk repot-repot mempelajari investasi jenis ini, cukup melihat harga emas saat ini saja dan membandingkannya dengan harga terdahulu.

Inilah alasan setiap orang menyebut investasi emas batangan sebagai investasi ‘pelindung’. Beberapa orang menjadikan investasi emas batangan sebagai investasi ‘pelindung’ atau investasi alternatif dari investasi lain yang memiliki resiko yang tinggi. Namun, investasi satu ini hanya dapat kita jadikan sebagai investasi jangka panjang.

Hal ini disebabkan nilai emas yang naik cukup lambat ditambah ketikan ekonomi riil Indonesia telah stabil. Dengan demikian jika kamu ingin merasakan keuntungan yang maksimal setidaknya kamu membuat rentang waktu yang berkisar 5 – 10 tahun lebih.

Faktor untuk merasakan keuntungan maksimal bukan hanya terletak pada waktu saja tetapi faktor lainnya pun mendukung.

Baca juga: Pengertian Reksadana, Jenis, Keuntungan dan Risikonya

Berikut beberapa tips jitu yang dipastikan akan membuat investasi emas batangan berhasil dan memberikan keuntungan yang sangat besar antara lain:

Tentukan Tujuan Emas

Tujuan investasi

Tak ada yang membedakan investasi ataupun menabung dalam bentuk nominal uang, perbedaannya hanya terletak pada keuntungan saja. Jika dalam pola tabungan konvensional tidak akan menghasilkan keuntungan tetapi investasi akan memberikan keuntungan.

Besar kecilnya keuntungan ini sendiri terletak pada jenis investasinya serta rentang waktu yang digunakan.

Semakin besar resiko maka akan menghasilkan keuntungan yang banyak serta kehilangan yang banyak, begitu pula semakin lama mendiamkan investasi dan terus membukanya maka akan semakin besar keuntungannya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa emas batangan merupakan jenis investasi yang memiliki resiko yang cenderung rendah, namun untuk mendapatkan keuntungan maksimal maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Dalam melakukan investasi dalam bentuk emas haruslah menentukan tujuan layaknya menabung biasa.

Tujuan ini berfungsi untuk menempatkan tujuan akhir dari investasi ini serta menetapkan rentang waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dengan keuntungan yang maksimal. Selalu ingat! Saat menetapkan tujuan jangan lupakan untuk menetapkan waktunya agar lebih jelas dalam melakukan investasi.

Membuat tujuan investasi ini sangat penting adanya agar kamu tidak kehilangan motivasi dalam melakukan investasi kemudian jelas hasil investasi ini akan digunakan untuk apa. Selain itu, pada dasarnya manusia memiliki kecenderungan dalam melakukan segala sesuatunya ditetapkan oleh tujuan.

Pilih Jenis Emas Batangan yang Dibutuhkan

koin mas

Terdapat berbagai jenis emas batangan yang disediakan dan dapat untuk kamu pilih. Jenis-jenis emas batangan tersebut terdiri atas emas batangan nyata dan emas batangan dalam bentuk nominal (digital).

Jenis digital ini memberikanmu pilihan untuk tetap membuat hanya dalam bentuk nominal saja sehingga transaksi jual-beli hanya menggunakan nominal atau dapat dicairkan.

Tips yang menggunakan digital, pilihlah perusahaan yang menyediakan layanan mencairkan emas. Jika perusahaan tersebut tidak menyediakan layanannya, sebaiknya kamu memilih yang lain. Hal ini dipicu akan maraknya penipuan emas yang berbasis digital.

Dengan demikian untuk meminimalisirnya lakukan hal tersebut walaupun kamu tidak memiliki niat untuk mencairkannya.

Inti dari keseluruhan ini adalah pilihlah jenis emas batangan yang kamu butuhkan. Jika kamu hanya memiliki uang untuk membelinya saja namun tidak memiliki uang tambahan untuk penyimpanannya.

Dengan demikian kamu dapat memilih emas batangan digital begitu pula sebaliknya. Tidak ada yang salah dalam pemilihan jenis emas batangan sekalipun emas tersebut tidak dalam bentuk nyata dan hanya nominal saja karena kamu membutuhkan jenis tersebut mengingat satu dan lain hal.

Jangan Lupa Pilih Waktu yang Tepat Dalam Berinvestasi

jam

Setiap investasi selalu memiliki waktu naik, turun dan stabil. Hal tersebut juga tidak terlepas dari investasi emas. Emas selalu memiliki waktu terbaiknya untuk naik maupun turun.

Dengan demikian bagi kamu yang akan memulai investasi ini sangat wajib untuk melihat pergerakan waktu serta kondisi yang terjadi kemudian bandingkan nilai emas tersebut dengan terdahulu.

Pastinya akan ada pertanyaaan yang menyatakan bukannya emas selalu mengalami kenaikan.

Benar adanya investasi ini memiliki kecenderungan untuk naik tetapi ia juga tidak terlepas untuk memiliki kecenderungan turun walaupun grafik turun tersebut tidak signifikan.

Contoh saja seperti kondisi pandemi yang terjadi saat ini, seluruh nilai investasi mengalami penurunan hal ini disebabkan adanya masyarakat mulai beralih menyimpan cash. Hal tersebut dipicu untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan dapat terjadi.

Dampaknya beberapa jenis investasi mengalami penurunan yang signifikan salah satunya emas yang sebelumnya telah mencapai harga 1 gram bekisar Rp 900.000 dan per tanggal 1 Maret 2021 harga 1 gram emas batang berada di harga Rp 866.000. Balik lagi apakah ini adalah waktu yang tepat?

Bisa jadi ini menjadi waktu yang tepat bagi orang yang memiliki uang menganggur lebih untuk menambahkan investasi namun bisa saja menjadi waktu yang tidak tepat jika kondisi ini terus berlangsung.

Hal tersebut dipicu dengan proses penjualannya sebab jika kondisi ini terus berlangsung proses penjualannya akan terhambat terutama pada harga sebab harga akan terus menerus turun. Inilah yang dikatakan pilihlah emas diwaktu yang tepat.

Pilihlah Metode Investasi Emas Batangan Sesuai dengan Kantongmu

emas batangan

Dahulu orang-orang yang akan membeli emas harus cash. Dengan demikian kembali kepada pepatah lama “ada uang ada barang”. Menariknya dengan perkembangan teknologi yang canggih, perusahaan tidak hanya berinovasi teknologinya saja tetapi strategi dalam menarik minat calon customer.

Strategi yang diterapkan para perusahaan ini dengan memberikan sejumlah metode pembayaran seperti cash, cicilan hingga tabungan. Pastinya kamu sudah tahu bukan konsep metode pembayaran cicilan apalagi cash. Dengan demikian yang akan dijelaskan lebih rinci mengenai tabungan.

Hal ini dikarenakan jenis metode pembayaran melalui tabungan ini akan menyerap di berbagai elemen masyarakat, dari mahasiswa hingga pegawai kantoran. Setiap orang dapat memiliki investasi emas dengan modal yang sedikit. Konsep metode menabung ini yaitu kamu akan menabung layaknya memasukkan uang kedalam celengan.

Perbedaannya kamu akan melakukan proses menabung ini didalam suatu aplikasi yang telah perusahaan sediakan dan dalam bentuk emas. Proses menabung ini sendiri tidak terdapat target seperti konsep pembayaran cicilan.

Dengan demikian kamu dapat menabung berapa saja gram emas yang kamu butuhkan tanpa ada batas waktu.

Menariknya lagi beberapa perusahaan yang menyediakan layanan menabung ini juga melayani proses pencairan. Dengan demikian ketika kamu telah merasa cukup untuk menabung emasnya dan ingin memilikinya secara nyata maka kamu dapat mencairkannya.

Satu hal yang perlu diwaspadai yaitu beberapa perusahaan juga tidak melayani pencairan sehingga kamu menabung emas dalam bentuk nominal saja.

Hal ini patut dicurigai sebab banyak sekali penipuan terjadi dalam bentuk seperti ini sehingga sangat disarankan pilihlah perusahaan yang menyediakan layanan pencairan emas.

Simpan Emas Batangan Di Tempat yang Aman

simpan emas

Tidak hanya emas batangan saja tetapi seluruh investasi itu merupakan benda berharga yang wajib untuk disimpan ke dalam tempat yang aman.

Tempat aman tersendiri banyak diartikan dalam berbagai pengertian, bahkan rumah pun bisa dijadikan tempat teraman sebagai tempat penyimpanan benda berharga. Kadang orang dulu menyimpan sesuatu berharganya di bawah kasur.

Perkembangan kejahatan pun selalu meningkat setiap harinya, pertanyaannya apakah kamu akan tetap memilih metode yang sama ketika yang membuat benda berharga hilang grafik perkembangannya semakin naik? Tak hanya itu saja tetapi terdapat opsi-opsi kejadian yang memiliki peluang hilangnya investasimu jika disimpan dalam rumahmu.

Pemicu inilah membuat setiap orang berpikir untuk memiliki tempat penyimpanan yang terhindar dari kemungkinan semua itu. Safety box adalah pilihan favorit bagi setiap orang sebab benda ini hanya dapat dibuka oleh pemiliknya saja dengan kode kunci tertentu.

Namun, beberapa orang merasa memiliki safety box dirumah masih tetap saja menakutkan dan menyulitkan sehingga beberapa lainnya memilih perusahaan yang menyediakan jasa safety box. Kebanyakan perusahaan yang menyediakan layanan tersebut yaitu bank.

Bank sendiri memiliki kebijakan tertentu dalam penyediaan layanan safety box ini, Keuntungan kamu menggunakan layanan safety box ini adalah keamanan yang akan bank berikan, asuransi dari kejadian yang tidak terduga dari bank, dan lain sebagainya.

Baca juga: Inilah Tips Jitu Investasi Reksadana bagi Pemula

Inilah sejumlah tips jitu yang akan membantumu dalam melakukan investasi dibidang emas batangan. Semoga tips ini akan menjadi pencerahan serta membantumu dari kegalauan berinvestasi emas batangan.

Bagikan

Leave a Comment