Ini Dia Tips Investasi Properti Bagi Pemula yang Wajib Kamu Tahu

Saat ini setiap elemen masyarakat mulai menyadari pentingnya pentingnya melakukan investasi terutama investasi properti. Para golongan muda merupakan sekelompok orang yang jumlahnya paling banyak untuk menyadari pentingnya berinvestasi.

Bahkan beberapa diantaranya telah menyiapkan sejumlah dana terlebih dahulu untuk memiliki properti khususnya rumah sebagai investasi pertamanya. Investasi properti terutama rumah memang sangat menjanjikan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Mudah saja jika kamu membeli rumah saat kamu belum menikah dan masih tinggal bersama orang tua atau lebih menyukai untuk tetap tinggal di kos kosan karena jarak perusahaan maka kamu dapat menyewakannya.

Dengan demikian kamu memiliki penghasilan dari dua arah yaitu aktif dan pasif dan ketika kamu telah memiliki keluarga maka kamu dapat tinggal di rumah tersebut tanpa harus memikirkan biaya sewa.

Enak bukan? Jelas saja! Inilah alasan investasi properti yang menjadi kejaran anak muda juga selain emas batangan atau saham.

Setiap jenis investasi memiliki tips yang berbeda beda agar mendapatkan investasi yang terbaik. Inilah 8 tips investasi properti yang akan membantumu berinvestasi jenis ini dengan sangat aman dan memiliki keuntungan maksimal.

Memiliki Dana yang Cukup Dalam Melakukan Investasi Properti

dana

Seperti yang diketahui bahwa investasi properti terdiri atas rumah, tanah, unit apartemen, kos-kosan, bangunan kantor dan lain sebagainya. Dengan demikian modal untuk merealisasikan investasi properti ini tidaklah mudah. Kamu harus memiliki dana yang cukup untuk merealisasikannya.

Pastinya ada pertanyaan, bukannya dalam membeli sebuah properti terutama rumah kadang kala menyediakan cicilan?

Benar adanya kesempatan cicilan dalam membeli suatu investasi properti, baik itu dari pihak yang menyediakan atau melakukan cicilan di bank. Namun, saat kita memutuskan untuk berinvestasi dalam properti ada sejumlah pos pembayaran yang harus dilakukan seperti booking fee dan uang DP.

Faktanya uang DP akan mempengaruhi jumlah pembayarannya, semakin besar uang DP yang kamu berikan maka semakin kecil pula cicilan dan waktunya.

Disarankan bagi kamu yang akan berinvestasi properti untuk memberikan uang DP yang besar agar cicilan dan waktu yang diberikan semakin kecil.

Dengan demikian beban hutang yang akan kamu tanggung pun semakin cepat selesai dan kamu akan memiliki properti tersebut secara utuh.

Selalu pikirkan bahwa kedepannya akan semakin banyak kebutuhan yang harus kamu capai, selalu tanamkan hal tersebut.

Hal itu akan membuat berpikir bahwa tidak selamanya kebutuhan hidup kita seperti ini, bahkan kebutuhan hidup kita bisa saja naik atau mungkin terdapat peristiwa tidak terduga dapat terjadi.

Ketika memikirkan itu semua maka kamu akan merasa takut dan berpikir panjang serta tidak menyepelekan waktu.

Persiapkan Dana Tambahan

Mengapa kita harus menyiapkan dana tambahan? Apa fungsi dari dana tambahan tersebut?

Jelas saja, keberadaan dana tambahan itu sangat lah penting adanya. Dana tambahan itu berfungsi untuk membayar notaris, pajak, biaya asuransi, dan biaya bank.

Biaya notaris dan pajak akan selalu kamu temukan saat pembelian properti secara lunas maupun cicilan. Hal ini terjadi sebab notaris akan membantumu dalam mengurus akta dan sertifikat jual beli.

Dengan demikian, kamu akan membayarkan sejumlah biaya terhadap notaris yang memberikan jasa padamu. Begitu juga dengan pajak yang tidak bisa dihindarkan dan telah tertulis dalam BPHTB.

Biaya bank dan asuransi akan kamu temukan ketika kamu memilih pembayaran secara berangsur-angsur. Namun asuransi dapat kamu hindarkan jika tidak membutuhkannya dengan catatan kamu membayarnya secara lunas.

Jika kamu melakukan pembayaran secara angsuran maka asuransi telah tergabung dari total pinjaman. Biasa pengambilan dana tersebut berkisar 1% hingga 2% dari pinjaman yang ada.

Lokasi Pilihan Strategis atau Memiliki Potensi Untuk Dijadikan Investasi Properti

properti

Jika dalam investasi dalam bentuk lain seperti saham yang dimana membutuhkan perhitungan dan waktu trennya agar dapat membeli harga termurah dan menjual di harga tertinggi. Investasi properti pun tak luput dari strategi tersebut.

Namun, hal utama yang menjadi konsentrasi dari investasi properti adalah lokasinya. Jika lokasi tersebut tidak strategis atau bahkan tidak memiliki potensi adanya perkembangan maka jangan pernah untuk memilih lokasi tersebut.

Kita tahu bahwa harga sebuah properti yang terdapat di tempat yang strategis akan berujung dengan harga yang mahal.

Dengan demikian kita dapat menggantinya dengan sebuah lokasi yang kedepannya memiliki potensi perkembangan sehingga saat pembelian kita mendapatkan harga murah.

Ketika kita menjualnya dapat dengan harga mahal atau disewa dengan harga sesuai dengan harga pasar saat itu.

Ciri khas suatu lokasi tersebut dapat dijadikan adanya potensi karena adanya sebuah isu yang menyebar.

Isu yang menyebar itu dapat berupa pembukaan jalan utama untuk memutuskan kemacetan di jalur sebelumnya atau menjadi tempat pembangunan suatu pabrik dan lain sebagainya.

Ketika isu menyebar berarti ada perencanaan dan kamu dapat untuk mencari-cari sehingga harga yang akan kamu dapatkan menjadi murah.

Ada begitu banyak strategi yang dapat kamu lakukan dalam berinvestasi bidang properti. Semua kembali dari strategi yang kamu tetapkan dan kebutuhan dari kamu sebagai pembeli.

Jangan Lupa Untuk Melakukan Research Harga Agar Bisa Dijadikan Sebagai Investasi Properti

rumah

Sama Seperti investasi lainnya maka investasi properti juga harus melakukan research harga. Pada umumnya harga sebuah properti disesuaikan dengan potensi perkembangan dan harga saat ini. Namun, beberapa yang menjual properti dapat menaikan harga sesuai keinginannya. Inilah alasan mengapa diperlukannya research harga, tujuannya agar kamu mendapatkan harga yang sesuai atau lebih murah dibandingkan yang lainnya.

Mencari KPR (Opsional)

Beberapa orang akan membeli properti secara lunas namun beberapa lainnya akan memilih untuk melakukan pembayaran secara berangsur. Ada begitu banyak bank di Indonesia yang menyediakan KPR sesuai dengan strategi yang diterapkan masing-masing bank.

Terdapat begitu banyak keuntungan dari KPR, salah satunya adalah menghindari terjadinya kegagalan transaksi jual beli properti.

Tips yang dapat diberikan dalam mencari KPR yaitu pilihlah penyedia jasa yang sesuai dengan kamu. Hal ini dimaksudkan pada pilihlah tenor yang sesuai dan nominal yang sesuai dengan keinginanmu.

Cek Fasilitas yang Disediakan

supermarket

Mengapa diharuskan untuk mengecek fasilitas yang disediakan?

Penting adanya! Ketika ternyata kamu akan mendiami sebuah rumah namun kondisi sekitarnya tidak memiliki pusat perbelanjaan, supermarket, pasar, tempat makan, SPBU, dan lain sebagainya. Hal ini pastinya akan menyusahkanmu dan keluarga bukan?

Pastinya karena hal-hal tersebut sangat dibutuhkan dalam elemen kehidupanmu. Coba bayangkan ketika kamu membutuhkan bahan makanan karena semua bahan makanan telah habis maka kamu harus memberikan ekstra waktu hanya untuk membeli bahan makanan.

Padahal jika kamu bertempat tinggal yang menyediakan akses yang dekat kemana saja maka hal tersebut akan memudahkanmu. Itulah penting adanya pengecekan terhadap fasilitas yang ada

Pilihlah Developer yang Terpercaya

Mengapa diperlukannya pemilihan developer yang terpercaya?

Hal ini tentu saja agar membuat kita terhindar dari kegagalan pembangunan. Dalam memilih developer terpercaya tidak boleh hanya berdasarkan terkenalnya developer tersebut atau lainnya.

Namun, kamu harus memilih developer yang setidaknya memiliki pengalaman dalam pembangunan kurang lebih 5 tahun. Tak hanya sebatas itu saja tetapi kamu juga haru melihat track record yang dimilikinya dari pengalaman tersebut.

Maksud track record itu seperti pembangunan apa saja yang telah dilakukannya selama 5 tahun belakang ini dan bagaimana proses yang terjadi.

Lihat kembali apakah terdapat kendala yang cukup mengganggu kredibilitas developer tersebut. Cari semua secara rinci demi keberlangsungan properti.

[Paling Penting] Pastikan Surat Dari Pembelian

Surat

Hal paling penting dari berinvestasi properti yaitu surat pembelian properti itu sendiri. Pastikan surat tersebut telah sah dimata hukum dan tidak memiliki sengketa tanah lainnya atau bagi kamu yang membeli perumahan cek kembali apakah sertifikat tersebut sesuai dengan kavling rumah yang kamu beli.

Secara rinci kamu harus memperhatikannya agar dapat terhindari dari masalah yang kedepannya akan mengejarmu.

Jika kamu tidak memahaminya maka kamu dapat mendatangi notaris mengenai surat-surat tersebut. Itulah mengapa sangat penting menggunakan notaris dan memang kamu harus menggunakan jasa notaris untuk memudahkan proses pembelian dan penjualan properti.

Baca juga: Tertarik Investasi Emas Batangan? Begini Tipsnya

Inilah sejumlah tips bagi kamu yang akan memulai investasi dibidang properti. Informasi ini telah diberikan secara lengkap dan semoga akan membantumu dalam mencari properti yang kamu inginkan.

Bagikan

Leave a Comment